12 Cara Pencegahan Virus Covid

Maka itu, salah satu langkah pencegahan penyebaran virus corona yang paling utama adalah denganmenjaga kebersihan diridan menerapkan perilaku hidup sehat setiap hari. KlikDokter bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan BNPB untuk menekan angka persebaran virus corona. Bila butuh informasi lengkap seputar COVID-19, baca artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter.

Kontak kulit ke kulit dapat membuat virus SARS-CoV-2 menyebar dari satu orang ke orang lain. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa pertahankan jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, khususnya dengan mereka yang sedang batuk, bersih, dan demam. Pemerintah mengklaim akan menjamin biaya pengobatan bagi orang yang terinfeksi virus Corona dan menyiapkan a hundred RS di seluruh Indonesia. “Tapi pemerintah belum memberikan jaminan bahwa seluruh alat kesehatan yang diperlukan untuk kesehatan dan deteksi awal apakah sudah tersedia atau belum,” katanya ketika dikonfirmasi, Jumat (6/three). Jika kondisi si kecil cukup parah dan memerlukan isolasi mandiri di rumah sakit, ada baiknya si kecil didampingi orang dewasa.

Misalnya, web site resmi Gugus Tugas Covid-19, web site resmi penanggulangan Covid-19 milik pemda setempat, atau Hotline Center Corona. Jangan mudah percaya pada informasi yang tersebar di media sosial atau platform chatting bila tidak memiliki sumber yang terpercaya atau bersifat opini dan rumor. Hindari juga menyebarkan informasi yang belum dicek kebenarannya, agar tidak menyebabkan kepanikan. Apabila anda mulai merasa stress berlebihan setelah menonton, membaca atau mendengar berita mengenai pandemi Covid-19, maka sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi informasi. Caranya antara lain jangan habiskan waktu anda di depan televisi atau membaca media sosial sepanjang hari. Batasi waktu untuk mencari informasi mengenai Covid-19 hanya 1-2 jam per hari saja.

Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk tetap berpikir positif dalam menghadapi pandemi ini. Dengan diselimuti pikiran yang baik, maka Bunda pun tidak lagi ketakutan dan Si Kecil juga bisa merasa aman. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatasi rasa takut dan rasa cemas yang Bunda miliki. Tentu Bunda tidak ingin Si Kecil tertular virus Corona, tapi usahakan untuk tidak jadioverprotectivehingga mengurung Si Kecil dan selalu melarangnya melakukan suatu. Protokol yang diterbikan Pemerintah Indonesia yaitu Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, Protokol Pengawasan Perbatasan, Protokol Area Pendidikan, dan Protokol Area Publik dan Transportasi.

Cara mengatasi Covid

Penanggulangan Covid – 19 ini sudah seharusnya dilakukan bersama-sama dari lapisan masyarkat yang sebenarnya adalah garda terdepan pemutus rantai penyebaran Virus Corona. Dengan kesadaran yang tinggi, tidak egois dan mengikuti protokol, maka Covid – 19 dipastikan akan segera hilang. Namun apabila masyarakat masih egois dengan memaksa keluar rumah dengan alasan jenuh, secara otomatis akan meningkatkan resiko individu lain yang memang harus keluar rumah untuk bekerja. Untuk itu, sangat penting dari berbagai lapisan untuk saling mendukung, bertenggang rasa, saling melindungi dan bekerjasama dengan penuh keihlasan untuk memerangi Covid – 19.

Banyak sumber resmi yang sudah mengajarkan cara mencuci tangan dan panduan menjaga jarak fisik. Apabila tidak ada, hubungi ketua RT/RW atau kepala desa Anda untuk memberitahu kalau Anda harus melakukan isolasi sebagai ODP/PDP/Positif. Bila belum dilakukan, sarankan juga pada mereka untuk menerapkan RT Mandiri untuk mendukung warga yang menjalankan isolasi, terutama untuk memantau keadaan mereka serta membantu urusan logistik.

Ada dua tipe masker yang bisa kamu gunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk dilakukan dalam mencegah penyebaran virus Corona. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus. Jika kamu menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang telah terkontaminasi virus, maka kamu akan memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuhmu. Di beberapa negara, praktik ini dianggap efektif untuk menekan penularan virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *