Ada 75 Juta Warga Yang Harus Bayar Sendiri, Berapa Harga Vaksin Corona Indonesia?

Darmawan menuliskan, harga sejumlah vaksin yang tertera di infografis tersebut akan mulai berlaku beberapa bulan ke depan. Akan tetapi, informasi tersebut telah dicabut karena terjadi kesalahpahaman dan RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin. Vaksinasi yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang telah mencapai tiga kali tahapan pelaksanaan. Vaksin oral adalah salah satu pilihan yang sedang dinilai untuk vaksin “generasi kedua”, yang memang dirancang agar lebih terukur, lebih mudah diberikan, dan lebih sederhana untuk didistribusikan. Meski tidak ada jaminan keberhasilan, pengembangan ini menjadi sorotan dunia. Jika berhasil, vaksin oral dinilai akan lebih terukur, mudah diberikan kepada manusia, dan juga lebih mudah untuk didistribusikan ke seluruh penjuru dunia.

Dalam vaksinasi mandiri, distribusi vaksin akan ditangani Kementerian BUMN. Tapi sebelum digunakan, semuanya harus lulus ujian dan pemeriksaan dari BPOM. Lebih lanjut Harya Bimo menjelaskan, dirinya belum bisa memastikan berapa harga pasti dari vaksin yang akan digunakan dalam program vaksin gotong royong ini. Harya Bimo berpendapat, harga vaksin ini akan berbeda-berbeda karena akan ditentukan oleh berbagai macam faktor. CEO dan founder Klinik Pintar IDI, Harya Bimo, mendukung wacana Pemerintah Indonesia mengadakan opsi vaksinasi Covid-19 secara gotong royong yang akan diselenggarakan melalui perusahaan-perusahaan swasta di dalam negeri.

Maka itu, vaksin yang akan diimpor untuk vaksinasi gotong royong juga harus lolos uji BPOM dan mendapat izin penggunaan darurat ataupun nomor izin edar. tirto.id – Vaksinasi gotong royong atau vaksin mandiri direncanakan bakal menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm dan Moderna. Rencana ini diungkapkan Juru Bicara Vaksin COVID-19 dari PT Bio Farma Bambang Heryanto pada Jumat (26/2/2021). Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, perusahaan farmasi swasta dari dalam negeri berpeluang menjadi importir vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong.

Solopos.com, SRAGEN — Bertani tanaman porang belakangan menjadi komoditas yang digandrungi para petani. Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten memastikan tak akan menerima impor beras. Soal harga gabah yang anjlok, Pemkab Klaten meminta para petani bisa melakukan sistem tunda jual. Solopos.com, KLATEN – Kantor Kecamatan Karangnongko ditutup dua hari, Rabu-Kamis (31/3/2021)-Kamis (1/4/2021). Penutupan dilakukan menyusul adanya satu pegawai di bidang pelayanan yang terkonfirmasi Covid-19, Selasa (30/3/2021).

Harga vaksin mandiri

Hal itu lantas diikuti keputusan pemerintah China untuk mengizinkan penggunaan vaksin Sinopharm. “Saat ini Bio Farma sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin dengan prinsip harus berbeda dengan vaksin program ,” kata Bambang dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Kemenkes RI. Menurut Bambang PT Bio Farma telah menjajaki kemungkinan impor vaksin Covid-19 dari Moderna dan Sinopharm.

Sehingga, masyarakat sudah mengetahui kelompok prioritas vaksin sejak awal. Mereka memperoleh prioritas akses ke vaksin karena pekerjaannya memberikan risiko pada paparan Covid-19. Selebihnya, yang 43 juta, punya pilihan dengan vaksinasi mandiri, berbayar. ‘’Yang swasta itu jumlahnya justru lebih banyak dibanding milik pemerintah,’’ kata Erick Thohir dalam wawancara yang diunggah dalam Youtube, pada Sabtu (12/12/2020). Dengan demikian, perusahaan yang wajib membayar pembelian vaksin mandiri atau gotong royong ke pemerintah atau BUMN, namun perusahaan dilarang mengenakan biaya atas vaksin corona ke karyawan lantaran vaksin Covid-19 diberikan free of charge. Jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan, maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri atau gotong royong tersebut.

Dalam menjalankan penugasan tersebut, Bio Farma bisa melibatkan atau bekerja sama dengan pihak ketiga. Meski begitu, saat ini manajemen perseroan pelat merah itu masih menunggu regulasi teknis perihal distribusi dan proses vaksinasi mandiri. “Jadi vaksin gotong royong atau mandiri akan dilakukan oleh BUMN Bio Farma. Dan mereka yang menentukan produsen mana yang digunakan,” kata Menkes di sela melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo Jawa Timur, Sabtu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *