Adakah Pengobatan Yang Ampuh Bagi Pasien Terinfeksi Virus Corona?

Dijelaskan Dr. Venkateshaiah, pasien yang sembuh dari infeksi virus corona kemungkinan meningkatkan respons antibodi terhadap infeksi dengan cara yang lebih hebat. FDA hanya mengizinkan rumah sakit untuk memberikan obat antivirus ini kepada pasien Covid-19 dengan gejala yang parah. Penggunaan deksametason untuk mengobati infeksi virus corona berawal dari keberhasilan uji coba yang dilakukan para peneliti di Inggris.

Namun, banyak orang yang teridentifikasi COVID-19 hanya mengalami gejala ringan seperti batuk ringan, atau tidak mengeluh sakit, yang mungkin terjadi pada tahap awal penyakit. Sampai saat ini, para ahli masih terus melakukan penyelidikan untuk menentukan periode penularan atau masa inkubasi COVID-19. Tetap pantau sumber informasi yang akurat dan resmi mengenai perkembangan penyakit ini. Gejala ringan itu bisa sembuh dengan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan mengonsumsi obat penurun demam. Jika dipraktikkan dengan benar dan baik, memungkinkan gejala akan mereda dalam waktu seminggu.

Oleh karena itu, para tenaga medis dan orang-orang yang memiliki kontak dengan pasien COVID-19 perlu menggunakan alat pelindung diri . Penelitian yang diterbitkan Planta Medica menemukan bahwa delima adalah obat rumah yang efektif melawan penyakit tifus. Sehingga, untuk mencegah semakin parah, Moms dan Dads akan disarankan menemui dokter guna mengobati penyakit gejala tifus pada Si Kecil. Akan tetapi, penyakit ini pun bisa disembuhkan oleh obat tipes untuk anak yang alami. Suami Dian Ayu Lestari ini mengumumkan dirinya positif Covid-19 lewat unggahan Instagram-nya.

Pemeriksaan medis yang akurat disertai rujukan pemeriksaan laboratorium sangat diperlukan untuk mengonfirmasi apakah seseorang terinfeksi COVID-19. Proses penyembuhan virus corona bisa lebih cepat, bila pasien positif hanya merasakan dan menunjukkan gejala ringan saja. Mulai dari demam, batuk kering, sesak napas yang hilang dengan sendirinya, sakit dan nyeri. Hingga kini belum ada vaksin atau obat untuk virus corona dan dokter menyebut pasien gejala ringan-sedang bisa dirawat di rumah. Cina mengkarantina Wuhan pada 23 Januari dalam upaya membatasi penyebaran virus corona. Pekerja berupaya untuk segera membangun rumah sakit baru untuk merawat pasien terinfeksi, yang jumlahnya lebih dari 830 orang dan jumlah kematian yang meningkat menjadi 26 orang pada 24 Januari.

Rekaman gejala harian akan memberikan gambaran bagi tenaga medis untuk menentukan tingkat perawatan yang tepat serta bagi peneliti yang masih berusaha mempelajari virus ini. Catatan harian juga dapat Anda gunakan untuk mengurangi kecemasan serta mengetahui hal-hal yang meringankan atau memperburuk gejala yang dialami. Dengan mencatat gejala harian yang timbul, diharapkan anda dapat mewaspadai gejala-gejala yang penting dan menggunakan catatan tersebut untuk membantu Anda atau dokter yang menangani Anda dalam mengambil keputusan. “Tentu seseorang dinyatakan sembuh dari COVID-19 jika hasil PCR dinyatakan negatif. Namun, jika tanpa pemeriksaan PCR, biasanya pasien dengan positif COVID-19 dapat mengakhiri masa isolasi setelah menjalani isolasi selama 10 hari sejak muncul gejala ditambah dengan 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala.

Untuk menentukan apakah pasien terinfeksi COVID-19, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien, riwayat perjalanan pasien, dan apakah sebelumnya pasien ada kontak dekat dengan orang yang diduga terinfeksi COVID-19. Karena mudah menular, penyakit ini juga berisiko tinggi menginfeksi para tenaga medis yang merawat pasien COVID-19. Oleh karena itu, tenaga medis dan orang yang melakukan kontak dengan pasien COVID-19 perlu menggunakan alat pelindung diri . Bila ingin ke rumah sakit saat gejala bertambah berat, sebaiknya hubungi dulu pihak rumah sakit untuk menjemput.

Penyembuhan Covid

Bahkan, untuk menelepon keluarga saja, saya tidak bisa karena badan saya lemas dan kesulitan bernapas. Dengan kondisi tubuh saya yang sehat dan kuat, saya yakin tidak akan tertular virus korona. Saya tidak pernah tahu persis kapan virus Covid-19 itu hinggap kali pertama di tubuh saya. Saya tidak pernah tahu lewat siapa penularan virus itu terjadi ke dalam diri saya. Ketika diberikan sebagai pengobatan 12 atau 24 jam setelah infeksi dimulai, EIDD-2801 dapat mengurangi tingkat kerusakan paru-paru.

Cuci pakaian dan peralatan makan-minum pasien terpisah dari orang lain di rumah. Banyak sumber resmi yang sudah mengajarkan cara mencuci tangan dan panduan menjaga jarak fisik. Namun, jika Anda tinggal dengan orang lain, apalagi memiliki komorbiditas atau adalah seorang manula yang rentan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pihak yang berwenang terkait ketersediaan fasilitas isolasi di daerah anda. Apabila tidak ada, hubungi ketua RT/RW atau kepala desa Anda untuk memberitahu kalau Anda harus melakukan isolasi sebagai ODP/PDP/Positif. Bila belum dilakukan, sarankan juga pada mereka untuk menerapkan RT Mandiri untuk mendukung warga yang menjalankan isolasi, terutama untuk memantau keadaan mereka serta membantu urusan logistik. Untuk membantu menerapkan perawatan mandiri di rumah bagi mereka atau anggota keluarganya yang terdefinisi di atas yang tinggal serumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *