Bagaimana Cara Kerja Vaksin Covid

Justru virus ini memicu munculnya sel imunitas yang disebut Antigen-presenting cell . Sel ini kemudian merobek virus Corona yang sudah mati dibantu dengan sel T sebagai pendeteksi fragmen atau bagian virus tersebut. Metode ini telah digunakan selama lebih dari satu abad sejak Jonas Salk menggunakannya untuk membuat vaksin polio di tahun 1950-an.

Cara kerja vaksin covid

Tahap selanjutnya merupakan injeksi virus COVID-19 ke dalam ginjal hewan laboratorium. Untuk menghentikan aktivasi virus, para peneliti menginjeksikan zat kimia bernama beta-propiolactone. Meskipun virus COVID-19 tidak lagi bereplikasi, protein spike tetap bertahan. Begitu antibodi untuk antigen spesifik diproduksi, mereka bekerja dengan sistem kekebalan lainnya untuk menghancurkan patogen dan menghentikan penyakit.

Bila Anda mengalami efek samping vaksin yang parah, segera cari bantuan medis. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Gridnev pernah mengatakan bahwa efektivitas vaksin akan ditentukan ketika relawan yang disuntik telah menampakkan kekebalan. Menurut Gintsburg, obat yang dibuat dari partikel mati berdasarkan adenovirus.

Vaksinasi tahap ketiga ini diperuntukkan untuk masyarakat rentan dari segi geospasial, sosial, dan ekonomi. Dalam pencarian vaksin Covid-19, para periset dan pihak pengembang bekerja dalam fase-fase yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, kali ini dilakukan lewat prosedur paralel untuk mempersingkat waktu. Pemantauan pun tetap dilakukan bahkan setelah vaksin sudah diperkenalkan dan didistribusikan. Pengembangan vaksin pun dipercepat namun dengan menerapkan metode yang sama.

“Nah, karena infeksinya di rongga atas juga, ada proteksi alamiah dari imunoglobulin tipe A . Sementara, infeksi rongga bawah proteksi butuhnya IgG,” kata dia. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui rentang periode jangka panjang dari perlindungan vaksin COVID-19. Sampai terhitung three November 2020, belum tersedia vaksin untuk COVID-19.

Saat itu, Bupati Bogor masa jabatan , Nurhayanti menjadi lansia pertama diberi vaksin Covid-19 di Kantor Dinkes Kabupaten Bogor. “Di luar negeri, seperti di Inggris Raya, penelitian dan uji sampel sudah diberikan pada kelompok usia lanjut, bahkan hingga usia ninety tahun. Kecuali balita, anak-anak, dan ibu hamil, karena sampai saat ini masih dilakukan kajian mendalam,” ujarnya. Dijelaskan, gerakan vaksinasi COVID-19 sendiri tidak langsung menyasar semua kelompok. “Jadi ini sederhananya bisa disimpulkan, tubuh yg telah divaksin, maka dalam tubuh akan dibentuk semacam tentara yang siap menghalau virus dengan ciri yang sudah dikenali tadi,” ujar M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *