Begini Cara Kerja Vaksin Virus Corona Dari Tiongkok Setelah Masuk Ke Tubuh

Sebelum dilakukan program vaksinasi, vaksin Sinovac telah melalui tahap uji klinis untuk memastikan keamanannya. Tenaga kesehatan menjadi prioritas utama penerima vaksin saat vaksin tersebut sudah mendapat izin pengedaran. Jika fragmen cocok dengan salah satu protein sel, sel T menjadi aktif dan dapat membantu merekrut sel kekebalan lain untuk merespons vaksin.

Setelah semua fase selesai, ada urutan langkah lagi yang harus dilalui sebuah vaksin. Di antaranya termasuk penilaian atas efikasi, keamanan regulasi, dan persetujuan akan kebijakan dari badan kesehatan masyarakat. Vaksin Covid-19 bukanlah jenis vaksin pertama yang digunakan untuk menangkal judi online virus atau patogen lainnya. Sebelumnya sudah ada vaksin cacar, TBC, Hepatitis B, difteri, tetanus, hingga vaksin terbaru untuk kanker serviks. Melansir laman Satgas Penanganan Covid-19, vaksin Covid-19 produksi Sinovac sendiri memerlukan dua dosis yang disuntikkan dalam interval 14 hari.

Walau begitu, para pakar kesehatan sepakat vaksin dapat membantu Anda mencegah terkena COVID-19 dengan menciptakan respons antibodi tanpa harus membuat Anda mengalami sakit. Jakarta – Pakar kesehatan menyatakan vaksin COVID-19 tak mengandung virus hidup yang menyebabkan seseorang terkena COVID-19. Beberapa vaksin juga mengandung bahan pembantu untuk meningkatkan respons imunitas terhadap vaksin, misalkan sejumlah kecil garam aluminium. Selain itu, vaksin juga berisi bahan-bahan pengawet untuk menjaga vaksin tetap aman dan efektif digunakan. Berbagai unsur tambahan dalam vaksin dimasukkan untuk menjaga vaksin tidak terkontaminasi saat dibuka dan digunakan untuk lebih dari satu orang.

Tim peneliti Oxford dan Imperial telah menerima dana lebih dari £forty juta dari pemerintah. Nantinya, akan dilakukan uji coba skala besar dengan melibatkan sekitar 5.000 sukarelawan tanpa batasan usia. Akan jadi masalah kalau misalnya jumlah kasus di Inggris turun dengan drastis, karena datanya akan tidak memadai.

Vaksin diberikan pada skala yang lebih luas, mencakup hingga ribuan partisipan yang juga dibandingkan dengan kelompok pembanding. Sering kali percobaan fase ketiga dilakukan di banyak negara dan beberapa tempat di dalam satu negara untuk memastikan bila vaksin baru bisa diaplikasikan kepada banyak populasi yang berbeda. dan evaluasi untuk memastikan antigen mana yang harus digunakan untuk memicu respon imun.

Pengujian efektivitas vaksin dalam fase three percobaan biasanya membutuhkan ribuan orang di tempat virus masih beredar. Dua dosis Sinovac biotek Covid-19, kandidat vaksin yang dijuluki CoronaVac. Cara kerja vaksin tersebut dengan induksi menetralisir antibodi 14 hari setelah vaksinasi, Indozone lansir dari fiercepharma.com, Senin (20/7/2020). Saat ini Sinovac sedang menunggu knowledge dari uji coba tahap akhir, termasuk penelitian terhadap sekitar 9.000 orang di Brasil, yang akan menentukan apakah vaksin tersebut aman dan dapat mencegah penyakit dalam skala besar. Jika uji coba berhasil, Sinovac berencana untuk memproduksi setidaknya 300 juta dosis setahun di pabriknya sendiri sambil meminta produsen lain untuk produksi lebih lanjut. Untuk menghasilkan virus yang tidak aktif, Sinovac memperoleh sampel patogen Covid-19 dari pasien di seluruh dunia dan membiarkannya berkembang biak dalam sel vero, yang berasal dari ginjal monyet.

Cara kerja vaksin covid

Dalam kasus pandemi Covid-19, pengembangan terhadap vaksin SARS-CoV-2 dipercepat menjadi sekitar 12 hingga 18 bulan. Percepatan dilakukan dengan menjalankan beberapa fase secara paralel untuk mempercepat hasil. Uji klinik dengan tiga fase yang sesuai dengan protokol yang disetujui dan kaidah cara uji klinik yang baik .

Dengan cara ini, tubuh dilatih untuk melawan organisme penyebab penyakit tertentu, membangun memori patogen sehingga dapat dengan cepat melawannya jika dan ketika terpapar di masa mendatang. Zat ini akan merangsang sistem imun tubuh agar menghasilkan antibodi yang bisa melawan suatu penyakit. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika menjelaskan, vaksin bekerja dengan mengajari sistem kekebalan tubuh bagaimana mengenali dan melawan virus yang menyebabkan COVID-19. Dua keuntungan vaksin metode ini adalah, pertama vaksin tidak akan menyebabkan penyakit dalam tubuh seseorang ketika mendapatkan vaksin tersebut. Kedua, vaksin ini bisa diberikan pada orang-orang dengan sistem imun yang lemah.

Menurut rencana tersebut, gelombang pertama vaksinasi akan dilakukan dalam periode Januari-April 2021 terhadap 1,three juta tenaga kesehatan, 17,4 juta petugas pelayanan publik, dan 21,5 juta lansia. CoronaVac diproduksi dengan menumbuhkan virus Covid-19 di laboratorium dan mengobatinya dengan bahan kimia yang menonaktifkannya. Bahan kimia tersebut mengunci virus dalam keadaan di mana ia tidak dapat bereplikasi. Tetapi strukturnya tetap dipertahankan hingga memungkinkan tubuh untuk mengenalinya sebagai virus asing dan meningkatkan respons imun.

Khusus untuk Covaxin, ia diberi tambahan toll-like reseptor 7/8 agonis yang memicu respons imun kuat. Ketiga vaksin ini sama-sama mengandung aluminium hidroksida yang berfungsi sebagai adjuvan yang berfungsi untuk meningkatkan efektivitas vaksin. Para ilmuwan di Sinovac, China, mengembangkan vaksin Covid-19 yang dinonaktifkan yang disebut CoronaVac, adapun Bharat Biotech dan Dewan Riset Medis India bersama-sama mengembangkan Covaxin. Perusahaan lain yang menggunakan inaktif virus juga menggunakan pendekatan yang mirip. Bahan tersebut mengubah materi genetik virus sehingga ia tidak bereplikasi. Virus tersebut kemudian dikembangkan dalam sel dan kemudian menggunakan bahan kimia yang disebut beta-propiolakton untuk menonaktifkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *