Bekerja Dari Rumah

Orang tua dan mereka yang harus mengasuh anak merasa lebih produktit dan sukses bekerja dari rumah, namun tidak menemukan cara baru dalam melakukan pekerjaan mereka. Hasil penelitian dari Cisco menunjukkan 58% karyawan akan bekerja dari rumah selama eight hari atau lebih setiap bulan pascapandemi COVID-19. Hal tersebut membuat para pekerja dihadapkan dengan penerapan hybrid working saat masyarakat mulai melakukan berbagai aktivitas di luar rumah.

Di masa pandemi COVID-19 ini, sebisa mungkin gunakan kendaraan pribadi dan hindari bepergian dengan commuter line, busway, atau transportasi umum lainnya yang padat penumpang. Berada di tengah kerumunan orang banyak bisa meningkatkan risikomu tertular virus Corona. Kedua, dalam kondisi seperti ini, bisa berlaku asas no work no pay sebagaimana diatur Pasal ninety three ayat UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Ketentuan ini menyebut upah tidak dibayar apabila pekerja/buruh tidak melakukan pekerjaan, kecuali bagi pekerja yang sakit baik karena Covid-19 atau bukan. Olahraga sangat penting untuk dilakukan, karena dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar.

Kinerja tim tidak akan stable dan produktif jika tidak ada rasa optimistis di semua anggota. Lihat kembali apa cita-cita dan target perusahaan serta jadikan sebagai target tim dan private. Yakinkan semua anggota tim bahwa target itu sangat realistis untuk dicapai bersama-sama dengan komitmen dan kerja keras. Komunikasi lebih terbatas dan setiap informasi harus diberikan secara element untuk menghindari miskomunikasi. dan semua bentuk diskusi kegiatan bekerja dilakukan di dalam ruangan rapat di kantor. Walaupun istilahnya lebih akrab dengan zaman trendy, bekerja dari rumah sudah dikenal konsepnya bahkan sejak abad pertengahan.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah menyentuh peralatan kantor yang sering digunakan bersama-sama, misalnya mesin fotokopi. Bawa selalu hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol, sehingga dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan dalam perjalanan bila tidak ada sarana cuci tangan. Selalu kenakan masker saat berada di tempat umum, termasuk dalam perjalanan menuju tempat kerja atau pulang ke rumah, dan selama berada di tempat kerja. Kementerian Kesehatan Indonesia mengimbau para pekerja yang masih harus beraktivitas di luar rumah untuk selalu waspada dan menerapkan langkah pencegahan COVID-19. Tenaga kesehatan memang merupakan kelompok yang paling rawan ditulari Covid-19 tersebut.

Lakukan dialog tiga arah antara pengusaha, pekerja/serikat pekerja dan pemerintah. di Kanwil DJKN Jawa Barat agar dapat terkendali sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan aplikasi Nadine yang berbasis VPN Kementerian Keuangan, information-knowledge pekerjaan yang dikirim mendapatkan proteksi kingkong games keamanan yang baik, karena saluran yang digunakan merupakan saluran aman, tidak berada dalam jaringan publik. Manajemen operasional merupakan lini pertahanan pertama yang bertanggung jawab penuh untuk menjalankan seluruh kebijakan organisasi dengan menjalankan pengendalian intern secara terus menerus dalam seluruh tahapan kegiatan.

Bekerja dalam masa Covid

Sebagai seorang pemilik usaha, Pins menjadi bos untuk diri sendiri dan tidak harus bekerja untuk orang lain. Pins juga bebas bekerja dimanapun Pins mau, bekerja sebanyak apapun yang Pins bisa dan dengan waktu yang sudah Pins alokasikan sendiri. Hanya saja, sebagai seorang business owner, Pins diharuskan untuk berpikir kreatif agar bisa mengembangkan bisnis milikmu. Meskipun Pins memiliki fleksibilitas maksimal, tapi Pins menjadi penentu datangnya pemasukan bagi dirimu sendiri. Tak jarang, Pins juga dituntut untuk menginvestasikan uang yang dimiliki, mendapatkan bantuan dan sudut pandang baru dari rekan bisnis ataupun mempekerjakan beberapa orang untuk membuat bisnis semakin sukses.

Namun, dikondisi seperti ini kita harus menghindari kerumunan serta menjaga jarak minimal 1,5 meter dari orang lain. Aturan ini juga berlaku apa bila kita sedang rapat atau mengantri, kita disilahkan untuk menduduki kursi yang telah disediakan dan telah diatur jaraknya, kita dilarang untuk menduduki kursi yang memiliki tanda silang atau X. Bahkan saat dilift, kita juga harus berdiri tanda yang telah ada dengan posisi saling membelakangi. Layaknya di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, dosen dan karyawan telah aktif bekerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Saat memasuki kawasan kampus, siapapun akan di cek suhu badannya oleh tim yang bertugas.

Di masa pandemi ini, banyak ibu rumah tangga yang mencari makanan siap masak atau dimakan oleh seluruh keluarga. Menjadi pekerja lepas atau freelancer menjadi pilihan yang sangat pas untuk dilakukan sebagai pekerjaan sampingan Anda di masa-masa krisis akibat pandemi seperti ini. Dengan bekerja freelance, Anda bisa lebih fleksibel dalam bekerja serta menentukan bayaran atau pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan.

Hal ini berarti, setidaknya sampai akhir tahun ini, seluruh masyarakat di dunia, tidak terkecuali Indonesia, harus membiasakan diri untuk hidup berdampingan dan berdamai dengan COVID-19. Selama vaksin belum ditemukan, masyarakat dihimbau untuk patuh menaati dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Baroroh juga memastikan bahwa kantornya benar-benar sepi dan dilengkapi dengan perlengkapan pencegahan Covid-19. Keluarga juga mengambil alih aktivitas yang sebelumnya dikerjakan Baroroh, termasuk menjaga toko kelontong di depan rumahnya. Ketidakjelasan batas, besarnya tuntutan, dan ketidaktahuan akan berapa lama keadaan ini berlangsung berpotensi menimbulkan kelelahan psychological atau burnout di kalangan para pekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *