Catat! Ini 6 Vaksin Penting Untuk Lansia

Nucleus Farma, perusahaan Bio-tech company yang berfokus pada produk-produk inovatif natural, ikut berkontribusi dalam program vaksinasi yang dilaksanakan oleh keluarga besar alumni Kolese Kanisius. Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , menargetkan 7.000 lansia dan tokoh agama di Pangkalpinang melakukan vaksinasi tahap dua. Kegiatan Sentra Vaksinasi Bersama dilakukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional tersebut dimulai pada Senin eight Februari. Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Kementerian Kesehatan menyepakati untuk memberikan vaksinasi free of charge bagi warga lanjut usia ber-KTP non Jakarta. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact person perwakilan dari vocal level dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut.

Untuk memastikan lawan bicara Anda tidak berbohong, ada beberapa tanda yang bisa dilihat. SOLOPOS.COM – Petugas memeriksa kondisi fisik tenaga medis sebelum menyuntikan vaksin Coid-19 di RS Islam Sari Asih, Serang, Banten, Sabtu (16/1/2021). Mendaftar online Peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemenkes , sehatnegeriku.kemkes.go.id, atau situs resmi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional covid19.go.id.

Kementerian Kesehatan terus berupaya mempermudah akses bagi masyarakat mendapatkan vaksin COVID-19. Seperti memperpendek jarak jangkauan bagi warga lanjut usia mengakses vaksin dekat dari rumah, hingga mendekatkan lokasi vaksinasi bagi para pelaku pariwisata. Iris menekankan, vaksin yang disediakan pemerintah telah melewati serangkaian uji klinis yang ketat dan aman untuk kelompok usia 60 tahun ke atas.

Adapun information-information yang perlu diisi mencakup element Ibukota Provinsi, jenis dan nama fasilitas kesehatan , NIK, nama, jenis kelamin, umur, tanggal lahir, nomor ponsel, dan alamat domisili saat ini. “NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk kami juga bisa mendampingi, dengan usulan kami bisa ada at some point care providers. Dengan tujuan agar lansia yang divaksinasi bisa selesai dalam satu hari,” ujar dr. Makky Zamzami. Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan di dalam ruangan IGD non infeksius, dan observasi pasca vaksinasi untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi , misalnya mengetahui apakah ada alergi atau tidak pada penerima vaksin. “Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya.

Jakarta, 15 Februari Program Vaksinasi COVID-19 segera memasuki tahap kedua, seiring dengan hampir selesainya pemberian vaksinasi tahap pertama kepada para tenaga kesehatan. Salah satu kategori yang masuk di tahap kedua ini adalah lansia, yaitu seseorang yang berusia 60 tahun ke atas. Lansia termasuk yang didahulukan atau menjadi prioritas karena memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi deadly. Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. Selanjutnya, Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan.

Vaksinasi bagi Lansia

Ini perlu kerjasama dari kita semua terutama mensosialisasikan sisi keamanan dari vaksinasi dan memang orang tua harus kita lindungi dari COVID-19. Karena lansia itu fatality rate-nya hingga 50% apabila terinfeksi COVID-19,” jelasnya. Lebak, IDN Times – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak telah menerima vaksin COVID-19 untuk masyarakat lanjut permainan online usia . “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. Namun, mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati.

“Semua vaksin yang diberikan melalui skema fasilitas Covax, aman dan efektif, telah melalui uji klinis dan mendapatkan Emergency Used Listing atau masuk daftar penggunaan darurat dari WHO, EUA, dan dari BPOM,” ucap Rizky. Dia menerangkan, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) merekomendasikan pemberian suntikan vaksin AstraZeneca dilakukan berselang empat sampai delapan pekan pada orang lanjut usia. Namun, ITAGI menyarankan pemberian suntikan pertama dan kedua vaksin AstraZeneca dilakukan dengan selang delapan pekan. Kalau untuk lansia, jarak antara vaksin pertama dengan kedua adalah selama 28 hari, beda dengan usia di bawah lansia yakni 14 hari,” kata Bachtiar.

Sebelum menjalani vaksin, lansia serta keluarga perlu mengetahui dua hal penting berikut ini. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih Anda kenal dengan sebutan kuman pneumokokus. Dengan vaksin ini, Anda bisa mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis , dan sepsis . Virus ini bisa bertambah kuat seiring dengan kekebalan tubuh lansia yang melemah. Komplikasi yang paling umum terhadap penyakit ini adalah neuralgia postherpetik, yang menyebabkan nyeri kronis selama berbulan-bulan setelah herpes zoster akut.

Guna mempercepat capaian vaksinasi lansia, diperlukan mannequin baru pelaksanaan vaksinasi. Hal ini disebabkan vaksinasi lansia lebih lambat daripada petugas pelayanan publik. Menurut dr Maxi Rein Rondonuwu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dari target 21,6 juta, saat ini baru 1,5 juta lansia yang divaksinasi. Dengan tautan yang baru ini, tautan yang beredar sebelumnya tidak lagi dapat dipergunakan.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap pedagang dan warga lanjut usia di Pasar Tradisional Maros. Kedua, mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan. Menurut dia, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Sebenarnya, dia melanjutkan, kemauan lansia untuk mendapatkan vaksinasi ini sangat besar, namun keterbatasan menghalangi bisa mendapatkannya. Ia menyebutkan, kendala yang dihadapi diantaranya sulit mengakses pendaftaran vaksin yang berbasis sistem teknologi informasi . Setelah data terisi, Dinas Kesehatan akan mendapatkan data dan menentukan jadwal pelaksanaan vaksinasi ke daerah tempat di mana peserta tinggal secepat mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *