Dewa Kipas, Kebangkitan Pemain Catur On-line Indonesia, Dan Guyonan Orang Batak

Prestasi Samantha Edithso ini menjadi sangat istimewa karena dirinya berani bermain empat tingkat di atas kelompok umurnya. Di babak eleven sekaligus penentuan, Samantha bisa mengalahkan unggulan klasemen, Alexandra yang berakhir menjadi runner-up. Dan akhirnya, permintaan Samantha untuk menyediakan sang ‘Merah-Putih’ betul-betul bukan bualan semata malah menjadi ‘aksesori’ yang menyempurnakan podium sang pecatur muda. Di sana, ia dilatih menguatkan mental dan mengasah kemampuannya, melawan orang-orang yang jauh lebih dewasa darinya. Karena yang melaporkannya justru followers dari GothamChess yang menurutnya tidak terima terhadap kekalahan dalam pertandingan di Chess.com tersebut.

catur indonesia

Hasil tersebut membuat posisi Indonesia berada di posisi lima klasemen. Tambahan dua poin dari hasil kemenangan atas Vietnam itu membuat Irene Kharisma Sukandar dan kawan-kawan. Dengan akun Dewa_Kipas yang memiliki ELO 2.311, impian tersebut otomatis kandas karena akunnya telanjur diblokir.

Dadang nyatanya berhasil memenangkan pertandingan tersebut dalam waktu yang singkat. Seorang grandmaster catur wanita muda bernama Medina Warda Aulia berhasil mengalahkan salah satu pemain catur terbaik di dunia dalam kompetisi JAPFA GM & WGM International Chess Tournament 2019. Masing-masing nama pecatur tersebut memiliki ranking yang terdaftar di PB Percasi. Adapun 1.012 di antaranya merupakan pecatur bergelar yang didapatkan dari prestasi bermain catur baik di tingkat nasional atau internasional. Pengelola chess.com menilai akun Dewa Kipas melakukan kecurangan dalam pertandingan catur on-line karena terindikasi menggunakan bot atau aplikasi bantuan. Pasalnya, pertandingan tersebut memotivasi banyak orang untuk bermain dan menggeluti dunia catur.

“Waktu Bapak gue tanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapak gue curang,” tulis akun Ali Akbar di akun Facebook. Berdasarkan keterangan Ali, pertandingan catur dilakukan dengan durasi 5 menit. Kata Ali, saat itu sang ayah tengah primary catur di platform Chess.com dan bertemu dengan Gotham Chess. Usai pertandingan, Levy yang kalah mendapat dukungan dari penontonnya di Twitch.

Meski begitu, Fritz menilai dampak dari fenomena Dewa Kipas ini hanya akan terjadi sesaat saja. “Belum tentu membawa dampak besar terhadap dunia catur Indonesia, dan belum bisa dikatakan pasti membangun industri catur,” sebut Fritz. “Jadi perkembangan ke depan saya rasa akan terakselerasi . Untuk catur, recreation atau konten on-line pun akan semakin digemari. Sponsor juga bisa semakin tertarik,” kata Huda. Tak hanya membuat catur semakin populer, roda bisnis dari pertandingan itu pun bergulir kencang. Dengan complete hadiah Rp 300 juta, Irene yang menekuk Dewa Kipas di tiga partai tanpa balas itu menggondol uang Rp 200 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *