Donor Plasma Darah Untuk Terapi Penyembuhan Covid, Ini Yang Dirasakan Hendi

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat tidak menyetujui penggunaan obat-obatan tersebut karena dianggap tidak aman dan efektif untuk mengobati atau mencegah Covid-19. Tetap memakai masker saat berada di rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer. Jika berwarna kuning terang dan jernih maka tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari soda dan alkohol karena akan membuat Anda lebih mudah dehidrasi. Lakukanisolasi mandiridengan tinggal di ruangan yang terpisah dengan orang lain untuk sementara waktu.

Ia melanjutkan, vaksinasi prosesnya dengan cara memasukkan virus yang dilemahkan sehingga tubuh membentuk antibodi. Sementara terapi plasma konvalesen sudah memiliki antibodi dari penyintas yang mendonor kemudian dimasukan ke dalam tubuh orang sakit. Setidaknya 15% pasien melaporkan perasaan cemas dan depresi setelah timbulnya gejala Covid-19, menurut studi Lancet. Ketakutan sakit, ketidakmampuan melakukan tugas-tugas regular, penyakit fisik dapat menguras kesehatan psychological pasien. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mencari dukungan, bantuan, dan memberi tubuh waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dengan benar.

New York terdampak yang paling parah, dengan 63.000 kasus Covid-19 dan lebih 3000 meninggal. Salah satu penulis laporan ilmiah lainnya, Andrew Lane mengatakan, tim periset Johns Hopkins terus meneliti apakah virus coronamemang menggunakan sel itu untuk mengakses dan menginfeksi tubuh. “Jika kasusnya memang begitu, kita mungkin bisa melawan infeksinya dengan terapi antivirus yang diarahkan langsung ke dalam hidung“, pungkas Lane. Sebuah riset jaringan tisu hidung, diyakini bisa membantu pengembangan terapi baru Covid-19. Metodenya dengan menjelaskan bagaimana orang yang terinfeksi virus corona kehilangan indera penciuman mereka, ujar tim ilmuwan internasional, Rabu (19/8). Antibodi plasma dari pendonor yang telah pulih diklaim bisa membantu pasien melawan virus corona.

“Pasien yang sembuh dari infeksi mungkin punya respon antibodi terhadap infeksi dengan cara lebih baik,” ucap Venkateshaiah. Namun, belum diketahui apakah terapi itu efektif membantu orang untuk pulih atau tidak dari virus corona. Bila Anda mungkin terpapar virus Corona tapi tidak mengalami gejala apa pun, Anda tidak perlu memeriksakan diri ke rumah sakit, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain. Bila muncul gejala, baru lakukan isolasi mandiri dan tanyakan kepada dokter melalui telepon atau aplikasi mengenai tindakan apa yang perlu Anda lakukan dan obat apa yang perlu Anda konsumsi. Seperti yang telah diberitakan Pikiran-Rakyat.com, ada satu orang yang rela menyumbangkan plasma darahnya untuk pasien virus corona di Malaysia. Berbagai studi juga memberikan rasio orang terinfeksi COVID-19 tanpa gejala yang beragam (bahkan setinggi eighty%!).

Meski tanpa gejala, pasien asimptomatik tetap harus meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus yang ada dalam diri mereka. Tidur sangat penting untuk mengembalikan energi dan memperbaiki kondisi tubuh saat sakit. Ketika tubuh terinfeksi virus, Anda akan merasakan mudah lelah dan mengantuk karena sistem imun berjuang melawan infeksi. Pakai masker dan sarung tangan bila terpaksa harus berada di tempat umum, seperti rumah sakit atau sedang bersama orang lain.

Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit. Larang orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh. Hasil rapid check COVID-19 positif kemungkinan besar menunjukkan bahwa Anda memang sudah terinfeksi virus Corona, namun bisa juga berarti Anda terinfeksi kuman atau virus yang lain. Sebaliknya, hasil fast test COVID-19 negatif belum tentu menandakan bahwa Anda mutlak terbebas dari virus Corona. Jumlаh kоlеstеrоl yаng tinggi di dаlаm dаrаh bisa mеningkаtkаn risikо реnyаequipment jаntung.

Meski begitu proses donor plasma harus melalui tahapan skrining oleh petugas PMI guna mengetahui perkembangan kesehatan sehingga proses donor dapat berlangsung dengan aman dan sehat. Ketua GDDPI Vicky W Kartiwa menjelaskan garakan donor darah terbagi menjadi dua yakni donor darah regular dan donor plasma. “Hari ini para penyintas bisa menjadi pahlawan bagi para pejuang Covid lainnya, dengan medonorkan plasma konvalesennya untuk orang lain,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021). Kurnadi saat ini sedang mendapatkan perawatan medis di RSUD Bengkayang. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah terbebas dari penyakit Covid-19.

Erlina yang masuk dalam Tim Pakar dokter Gugus Tugas Nasional juga menuturkan bahwa banyak negara yang telah menggunakan terapi plasma konvalesen dengan hasil yang lumayan bagus dan cukup efektif. Namun begitu, keberhasilan terapi yang telah dilakukan di banyak negara tersebut masih terbatas pada jumlah pasien yang sedikit. Jakarta, CNBC Indonesia- Terapi Plasma Konvalesen kini kembali digaungkan sebagai salah satu terapi alternatif untuk mengobati pasien positif Covid-19 sebetulnya bukan merupakan hal baru. Terapi ini telah digunakan sejak satu abad yang lalu untuk mengobati banyak penyakit, termasuk difteri. Kedua, proses seleksi calon pendonor PK harus menggunakan alat pemeriksaan nucleic acid check . Alat tersebut memiliki teknologi uji saring mampu mendeteksi keberadaan DNA/ RNA virus dengan masa jendela lebih pendek.

Studi tersebut menemukan bahwa kondisi 1 dari 3 responden tidak kembali bugar seperti sebelum terinfeksi COVID-19 sampai 21 hari berlalu setelah terinfeksi. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Dia menekankan, obat-obatan yang diberikan kepada pasien positif Covid-19 mesti sesuai dengan kondisi terinfeksi berat atau ringan, serta selalu memerhatikan gejala yang dirasakan. Sementara, untuk pasien yang dinyatakan telah sembuh dari Covid-19, penanganannya hanya menggunakan obat-obatan yang dapat mengurangi gejala yang dirasakan pasien. “Jadi gunanya vaksin ini sebenarnya adalah untuk mencegah timbulnya gejala yang berat atau mencegah kematian akibat infeksi virus,” ujarnya.

Penyembuhan Covid

Direktur RSUD dr. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Ahmad Hernowo Wahyu Utomo mengatakan, ada pasien Covid-19 di RSUD menjalani terapi PK. Petugas kesehatan yang merawat pasien yang terinfeksi COVID-19 berisiko lebih tinggi dan harus konsisten melindungi diri mereka sendiri dengan prosedur pencegahan dan pengendalian infeksi yang tepat. “Prinsipnya membantu kinerja organ tubuh guna memperbaiki jaringan yang rusak dengan meningkatkan kapasitas aliran oksigen murni ke jaringan tubuh,” kata dokter yang bertugas di Siloam Hospitals Manado itu. Terapi ini sebelumnya dipakai untuk menangani gejala seperti decompression sickness, infeksi kronis, diabetes, luka bakar, penyakit pendengaran, migraine, neuro, kanker dan lainnya. Melansir dari halodoc, pasien bergejala kritis bisa melakukan perawatan dengan respirator. Jika tidak dilakukan, kehilangan nyawa menjadi risiko yang mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *