Four Ideas Bagi Pengusaha Untuk Survive Saat Pandemi Virus Corona

Bekerja di rumah juga membuat kamu dapat mengatur waktu bekerjamu sendiri sesuai keinginan. Apabila berdasarkan urgensi yang sangat tinggi harus diselenggarakan rapat/kegiatan di kantor, maka harus memperhatikan jarak aman antar peserta rapat . “Perjalanan dinas dalam negeri agar dilakukan secara selektif dan sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus dilaksanakan. Seluruh perjalanan dinas ke luar negeri agar ditunda pelaksanaanya,” tegasnya. Jakarta — Penyesuaian sistem kerja pegawai dilakukan oleh Kementerian Agama hingga 31 Maret mendatang.

Jika kita hanya memperhatikan kebersihan dilingkungan kerja tanpa menyeimbangakn dengan kesehatan diri, maka penularan virus corona juga bisa menyerang kepada kita. Mulai sekarang, masing-masing dari kita dari melakukan prinsip hidup bersih dan sehat, tidak hanya berfokus pada rutin cuci tangan dan selalu memakai masker saja. Work from house merupakan sebuah konsep di mana para karyawan di suatu perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah.

Meskipun panduan ini tidak spesifik untuk pekerja rumah tangga, namun pedoman ini menginformasikan hal-hal mendasar yang harus diperhatikan oleh Bunda sebagai pemilik rumah, dan harus disampaikan kepada pekerja di rumah. Survei daring yang dilakukan Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga melalui Serikat PRT menemukan sejumlah laporan dari sejumlah ART anggota Jala PRT mengenai masalah yang timbul selama masa pandemik akibat virus korona. Hari Jum’at Tanggal 22 Mei Tahun 2020 merupakan Hari Keenam Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Malang.

Bahkan juga terungkap bahwa para pekerja di Jerman lebih senang bekerja dari rumah. Namun membaurnya batas antara kehidupan pribadi dan profesional saat harus bekerja dari rumah menjadi kenyataan yang sulit dihindari oleh para pekerja profesional di saat pandemi. Ada pula kenyataan lain, bahwa tidak semua orang punya privilese untuk secara tegas menarik garis batas ruang dan waktu untuk bekerja dan untuk kehidupan pribadi.

Bekerja di luar rumah selama masa pandemi ini tidaklah mudah dan seringkali membuat stres. Namun, membiasakan diri untuk selalu bersyukur terbukti ampuh mengatasi stres. Dua Undang-Undang di atas telah cukup untuk memberikan legitimasi bahwa bagi pengusaha yang masih menerapkan WFO di masa pandemi diwajibkan untuk secara konsisten memenuhi hak-hak kesehatan pekerjanya. Pemenuhan hak kesehatan ini juga diperkuat dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/three kingkong slot/HK.04/III/2020 Tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19. Menteri Tenaga Kerja memerintahkan setiap pimpinan perusahaan untuk melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 pada pekerja/buruh dengan melakukan tindakan pencegahan seperti perilaku hidup bersih dan sehat.

Bagi yang sudah menikah, tentunya butuh cara untuk mengatur waktu berinteraksi dengan pasangan dan anak-anak. Inilah pentingnya memiliki ruang kerja sendiri serta membuat batasan yang jelas mengenai jam kerja dengan waktu untuk beraktivitas di rumah. Selanjutnya, memberi pengertian kepada mereka tentang jadwal selama WfH dan disiplin untuk menaatinya agar anggota keluarga pun tetap merasa diprioritaskan. Segala informasi mengenai kebijakan untuk ASN harus dapat cepat, mudah, dan transparan didapat oleh ASN, supaya para ASN dapat bekerja dengan optimum di rumahnya. Isu pemotongan gaji atau penundaan THR ataupun gaji ke-thirteen di kondisi ini harus diredam atau tidak ada sama sekali dalam rangka mendukung keefektifan Work From Home para ASN.

Masih ada harapan untuk menjumpai orang tua dan sanak saudara yang jauh di kampung halaman. Forum PUSPA diharapkan bisa meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan dan pendidikan anak karena pengasuhan anak tidak hanya tanggung jawab ibu. Data Pengadilan Agama kabupaten/kota se-Provinsi Lampung menyebutkan selama masa pandemi Covid-19 Tahun 2020, periode Januari-November, terjadi seven-hundred kasus kawin anak di Lampung. Jika Moms merasakan gejala COVID-19 seperti batuk, demam, sesak napas, atau ingin mengetahui informasi yang terpercaya tentang virus COVID-19 di Indonesia, bisa menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext. 9.

1.Pemerintah pada eleven April 2020 mengeluarkan kebijakan dengan merilis Program Kartu PraKerja. Pelaksanaan Kartu Prakerja 2020 merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pemberian sanksi/denda tidak menghilangkan kewajiban perusahaan dalam memberikan THR Keagamaan. Pengaturan Pelaksanaan Pemberian THR ini diatur dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomer M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan hari Raya Keagamaan di Perusahaan dalam masa pandemi Covid-19. Perusahaan dapat mengajukan upaya penangguhan pembayaran upah sesuai UMP ke Gubernur.

Bekerja dalam masa Covid

Memasuki tahun 2020, persoalan pekerja anak semakin kompleks manakala wabah pandemi covid-19 berdampak signifikan terhadap ekonomi dan social. Hal ini menimbulkan dampak domino pada pekerja anak dan keluarganya. Beragam kebijakan protocol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 salah satunya menuntut anak-anak belajar dari rumah .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *