Indonesia Sediakan 6 Jenis Vaksin Covid

Pihaknya menambahkan, jika dosis itu masih kurang, maka pemerintah akan mengupayakan penambahan dosis lain dari dua produsen vaksin asal Amerika Serikat, Novavax dan Johnson & Johnson. Luhut tidak menyebut berapa dosis yang akan dipesan dari kedua vaksin tersebut. Luhut mengatakan pihaknya mengajukan pengadaan untuk 30 juta dosis dari Sinopharm, perusahaan farmasi asal Cina tersebut, namun komitmen itu belum bisa dipastikan. “Ketika bertemu Menlu Cina dan Dewan Keamanan Wang Yi, saya sampaikan kami sudahengageke Sinopharm. Karenanggakbisa masuk program , jadi kami alokasikan untuk yang mandiri,” kata Luhut dalam sesi webinar.

Fathema juga menjelaskan soal prioritas vaksinasi berdasarkan daerah goal. “Berdasarkan rencana Kementerian Kesehatan, daerah yang lebih dari 10.000 kasus akan menjadi klaster 1,” ujarnya. Hal senada diutarakan Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC, Fathema Djan Rachmat.

Usul keterlibatan swasta dalam proses vaksinasi nantinya diperuntukkan bagi karyawan dan keluarga karyawan murni untuk mempercepat proses distribusi. Meski begitu, Kadin belum memperhitungkan dimensi perpajakan terkait dengan usulan tersebut. Erick bilang, pihaknya berupaya mendapat 3,5 juta vaksin untuk vaksin mandiri atau gotong royong pada bulan Maret. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, program vaksin mandiri berbeda dengan vaksin free of charge. Dalam program vaksin mandiri, pengusaha melakukan pengadaan dan dibagikan gratis untuk karyawannya. Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto membenarkan bahwa sudah beredar di masyarakat beberapa iklan atau promo tentang layanan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, 71 rumah sakit BUMN yang disiapkan dan 64 di antaranya yang sudah siap, hanya bisa melayani 300 orang per hari. Sedangkan, klinik milik BUMN yang disiapkan ada 143 outlet dengan 129 outlet yang sudah siap, bisa melayani a hundred orang per hari. Jokowi Tekankan Pentingnya ‘Lockdown’ Skala Mikro dalam Tangani Pandemi “Jangan sampai misalnya yang terkena virus satu kelurahan, yang di-lockdown seluruh kota, untuk apa?”, kata Jokowi.

“Demi lancarnya proses ini, calon penerima vaksinasi diharapkan memberikan keterangan sesuai dengan kondisi sebenarnya,” ujar Nadia. Kementerian Kesehatan menetapkan vaksinasi COVID-19 dapat dilakukan pada kelompok lansia, komorbid, penyintas COVID-19 dan ibu menyusui dengan syarat tertentu. yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lansia untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan. Permenkes ini khususnya Pasal eight mengatur pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan Vaksin Covid-19. Berkaca pada kasus kebocoran knowledge pribadi sektor perdagangan on-line, Dina mengatakan risiko jual beli knowledge pribadi dapat terjadi pada penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 mandiri.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Terutama karena diantara knowledge tersebut terdapat information anak, yang di dalam draft UU Perlindungan Data Pribadi versi September 2019 tergolong ke dalam knowledge pribadi sensitif,” jelas Dina, Senin (15/2). Dia juga memberi syarat di mana vaksin yang diberikan dengan merek yang berbeda. Erick mengatakan, dalam 1-2 hari ke depan akan ada pertemuan dengan gubernur dan wali kota/bupati untuk memastikan terkait vaksinasi. Scan barcode tersebut harus dibawa oleh orang yang akan menerima vaksin ke tempat penyuntikan. Lalu “silakan scan dan masuk ruang tunggu. Setelah itu akan disuntik,” papar Soleh. Untuk perusahaan yang ingin membeli vaksin bagi karyawannya, Soleh mengatakan, saat pembayaran tidak perlu dilakukan.

Kata Nadia, apabila ada tiga atau lebih pertanyaan di atas dijawab ‘iya’ oleh lansia calon peserta vaksinasi maka vaksin COVID-19 buatan Sinovac tidak dapat diberikan. “Organisasi lain juga dapat menyelenggarakan vaksinasi secara massal, misalnya organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan lainnya. Syaratnya, organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal,” tegas Nadia. Rencananya swasta akan menggunakan vaksin alternatif dari yang saat ini digunakan dan pemerintah sedang menyiapkan regulasi. Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (25/2), mengatakan vaksin China National Pharmaceutical Group akan menjadi bagian dari vaksinasi skema swasta. Setelah itu, dua minggu berikutnya penerima vaksin akan menerima suntikan kedua dengan proses yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *