Inilah Strategi Sejumlah Negara Untuk Menangani Pandemik World Virus Corona

Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome dan Severe Acute Respiratory Syndrome . Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. Melakukan cara pencegahan virus COVID-19 ini sangat membantu dalam menghambat penyebaran virus. Mempraktikkan kebersihan yang baik, mengikuti pedoman ini, dan mendorong teman dan keluarga kamu untuk melakukan hal yang sama akan sangat membantu dalam mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2.

Cara mengatasi Covid

Terkait dengan evakuasi WNI dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, mereka telah tiba di Batam pada Minggu, 2 Februari 2020. Para WNI itu segera diterbangkan ke Pulau Natuna untuk diobservasi selama 14 hari. Total WNI yang diobservasi termasuk dengan 42 orang tim penjemput sebanyak 285 orang.

Setiap orang yang mengalami gejala menyerupai infeksi corona, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk memastikan penyebabnya. Beberapa dokter mungkin merekomendasikan obat batuk yang dijual bebas ini untuk membantu meredakan gejala ringan COVID-19. Bahkan, obat untuk pasien asma ini bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi mulut, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, gatal atau ruam kulit, nyeri sendi, dan sakit kepala.

Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga melakukan imbauan yang sama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo misalnya, menyerukan agar warga Jateng yang berada di luar Jawa Tengah untuk tidak mudik ke kampung halaman. ”Tolong, jangan pulang sekarang dan tetap di posisi masing-masing hingga penyebaran virus mereda,” katanya (Kompas, four/4/2020). Dengan adanya PSBB ini pemerintah DKI berharap pencegehan penularan covid-19 lebih efektif karena ada sanksi tegas untuk yang melanggar. ”Prinsipnya, selama tiga pekan terakhir Jakarta sudah melakukan pembatasan dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Sekarang, aturan PSBB akan dibuat mengikat dengan sanksi tegas yang boleh diterapkan langsung di lapangan oleh polisi, TNI, ataupun aparat pemerintah provinsi yang berpatroli,” ujar Anies (Kompas, eight/four/2020).

Sementara itu, plasma darah pasien pun akan diperiksa untuk menemukan RNA virus corona. Infeksi coronavirus umumnya diketahui melalui gejala dan pemeriksaan fisik yang dikeluhkan pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan penunjang untuk membantu menegakkan prognosis. Namun, adanya ledakan jumlah slot no kecot kasus di Wuhan, China menunjukkan bahwa corona virus dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Virus bisa ditularkan lewat droplet, yaitu partikel air yang berukuran sangat kecil dan biasanya keluar saat batuk atau bersin. Apabila droplet tersebut terhirup atau mengenai lapisan kornea mata, seseorang berisiko untuk tertular penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *