Jadi Pilih Mana, Karyawan Atau Pengusaha?

Written by Downtown on July 18, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Dia resmi menjadi direktur muda di perusahan kerajinan sofa Setelah Lulusan SMA tahun 2011 omzetnya sekarang mencapai mencapai Rp100 juta per bulan. Hamzah sudah belajar berbisnis mulai usia dini pada waktu kelas 5 SD dengan menjual beberapa macam permainan seperti kelereng, petasan,dan berbagai macam permainan yang disukai anak-anak. Buku tersebut dijualkan kepada adik kelas dan kakak kelasnya dengan diskon 10% sehingga dia meraup keuntungan 20% setiap bukunya.

Dengan keahlianmu membuat desain website ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan juga sedang dicari banyak orang. Kamu bisa mulai menawarkan dengan bisnis UKM di sekitarmu atau membantu temanmu yang memiliki bisnis. Pekerjaan ini akan lebih cocok bagi kamu yang punya keterampilan di bidang pembuatanwebsite. Saat ini tak sedikit perusahaan, usaha, atau perorangan individu yang memiliki websitenya sendiri. Suatu web site membutuhkan tema untuk menyajikan konten yang dia miliki. Nah, kamu bisa membuattemplateuntuk web site yang kemudian bisa kamu jual.

Percaya diri sendiri juga bisa membawa kamu luwes dalam membangun jaringan dengan lingkungan sekitar yang berpotensi mengembangkan skala bisnis. Siapa yang tidak tergiur dengan kesuksesan finansial yang berasal dari membangun bisnis sendiri? Bukan hanya finansial yang oke, berwirausaha juga memberikan fleksibilitas jam kerja. Belum lagi kenikmatan lain yang bisa diperoleh dari bisnis pribadi. Keduanya baik, tapi tentu pekerja dan pengusaha yang profesional,” kata Thamrin di hadapan ratusan mahasiswanya di Kampus Biru. Saat ini, banyak orang yang menjalankan bisnis rental mobil di rumahnya masing-masing.

Kamu bisa atur jadwal kerjamu, sehingga kamu bisa memilah mana waktu sekolahmu dan mana waktu kerja sampinganmu. Maka dari itu jika tidak ingin proses belajar terganggu oleh aktivitas pekerjaan sampingan, memilih pekerjaan sampingan yang tepat adalah hal yang penting. Jadi, kendala utama untuk mengajarkan pendidikan kewirausahaan di sekolah terletak pada guru-guru di sekolah. Hal ini hanya bisa diatasi dengan poltical will dari pemerintah dalam bentuk instruksi resmi dari otoritas pendidikan kepada kepala-kepala sekolah agar mengajarkan pendidikan kewirausahaan.

Hamzah menggabungkan tabungannya sebesar Rp5 juta dan pinjaman Rp70 juta dari sang ayah. Ia lalu melobi rekannya untuk membayar Rp75 juta dulu dan sisanya yang Rp100 juta dicicil dari keuntungan tiap semester dan itu dipenuhi. Akhirnya, ia merekrut dua orang remaja putus sekolah di sekitar tempat tinggalnya untuk membantu di bidang admin, pengemasan, pengiriman, dan belanja bahan.

Begitu pula dengan berbisnis, kamu tentunya ingin menjadi yang terbaik di antara pesaing lainnya. Terbaik dalam kualitas maupun servis hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan. Selaku pemilik, kamu bertanggungjawab penuh atas bisnis yang dijalankan. Tanpa karakter mandiri, bisnis kamu bisa berjalan tanpa arah yang jelas. Pasalnya, karakter mandiri dibutuhkan dalam momen penting seperti mengambil keputusan. Mandiri dalam berbisnis, artinya kamu dapat menyelesaikan berbagai permasalahan bisnis yang muncul tanpa harus menunggu bantuan pihak lain.

Untungnya 1 dari 7 proposal yang diajukan diterima oleh pihak financial institution, sehingga Gibran mendapatkan pinjaman dana sebesar Rp. Setelah tugas mengurus sapi selesai dan masuk waktu Magrib, Syarif kecil mandi, kemudian shalat, dan mengaji. Syarif yang setelah dewasa hobi kesehariannya sebagai Qari punya cerita unik saat belajar mengaji sewaktu kecil. Syarif belajar mengaji sejak sebelum mengenyam pendidikan di sekolah dasar. Syarif kecil ternyata anak dari orang tua yang terpisah karena fitnah.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Lalu ia menyimpulkan, membangun bisnis adalah membangun kepercayaan. Rampung kuliah tahun 2003, ia mulai bekerja sebagai web designer. Sebenarnya ia bercita-cita bisa bekerja di perusahaan teknologi seperti Google atau Yahoo. Tapi cita-cita itu harus ia lupakan karena perusahaan-perusahaan itu tidak memiliki cabang di Indonesia. Lulus SMA Pematang Siantar pada 1999, William berangkat ke Jakarta untuk kuliah dengan bekal sejumlah uang dan selembar tiket kapal laut.

Pentingnya motivasi adalah karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal . Kemauan adalah suatu kegiatan yang menyebabkan seseorang mampu untuk melakukan tindakan dalam mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya kemauan seseorang untuk mencoba berwirausaha merupakan suatu hal yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *