Kemenkes Tegaskan Perusahaan Swasta Tidak Dapat Melakukan Vaksinasi Covid

Tak lepas dari itu semua, Pemkab Ciamis akan terus melakukan akselerasi dalam mensukseskan vaksinasi maupun sosialisasi secara terus menerus bersama melibatkan lintas sektor, tutur Bupati. Sementara untuk evaluasi penerapan PPKM mikro, Bupati Herdiat mengatakan terdapat kenaikan di PPKM pertama, sekitar 20% kedisiplinan masyarakat meningkat dengan menerapkan protokol kesehatan, ujarnya. “Kita harus tetap selalu mempedomani melaksanakan protokol kesehatan, itu yang paling terpenting, karena vaksin tersebut setidaknya hanya mengurangi resiko atau menambah pembentukan daya tahan tubuh saja,” jelas Bupati. “Alhamdulillah Respon dari masyarakat juga sangat baik, sangat bersemangat dan antusias, bahkan ada yang sampai mengirim pesan karena ingin vaksinnya didahulukan,” ujarnya. Dikatakan Bupati Ciamis, pelaksanaan akselerasi covid-19 di Kabupaten Ciamis sudah mencapai 5.000 lebih, ujarnya. Solopos.com, PURWODADI – Diawali suara ledakan, dua rumah milik warga di Desa Baturagung, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan terbakar, Selasa (16/3/2021) dini hari.

Bagi yang memesan melalui aplikasi, bisa langsung memindai identitasnya. Apabila masih memiliki pertanyaan seputar vaksin COVID-19, Anda bisa slot online indonesia berkonsultasi ke dokter. Hindari isu-isu vaksin COVID-19 yang sumbernya tidak jelas dan dapat menggiring opini yang salah di masyarakat.

Cara Vaksin Covid Mandiri

Selain vaksin Sinophram, kebutuhan 20,2 juta dosis ini disebut Rosan juga mencakup vaksin produksi Moderna. Dia menyebutkan pasokan dosis untuk vaksinasi gotong royong bisa bertambah sampai fifty five juta dosis seiring rencana untuk mengimpor vaksin Sputnik dari Rusia. Data sasaran beserta penjadwalan vaksinasi masing-masing sasaran dapat diakses oleh petugas fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi person faskes atau aplikasi lain yang ditentukan selanjutnya oleh pemerintah. Adapun total jumlah vaksinasi program mandiri menurut Nadia, diestimasikan tak lebih dari 2 juta. Menurut Nadia, vaksinasi program mandiri juga membantu penanganan COVID-19 yang kerap memicu klaster-klaster besar, seperti di perkantoran. Mereka yang menjalani program mandiri merupakan perusahaan padat karya.

Jika pihak swasta diperbolehkan mendapatkan vaksin untuk kebutuhan lingkungan mereka sendiri, dikhawatirkan akan mengurangi jatah vaksin free of charge yang sangat ditunggu masyarakat secara luas. Salah satu alasannya adalah karena munculnya keraguan akan kemampuan pemerintah dalam menangani seluruh proses vaksinasi. Mengizinkan swasta untuk mengadakan vaksin dapat meringankan beban pengeluaran negara dan menyiapkan rantai pasokan vaksin untuk masa mendatang. Hal ini sekaligus membuat Perpres tersebut tidak mengatur tentang perusahaan swasta bisa melakukan vaksinasi mandiri meskipun alasannya adalah gotong royong untuk membantu Kemenkes.

Nantinya, setelah penyuntikan barcode tersebut akan dicocokan dengan vial-ID dan NIK pasien. Notifikasi pengingat tersebut untuk memberitahu masyarakat kapan waktu dilakukannya vaksinisasi. Dengan begitu, penyelenggara vaksinasi tak bisa memesan vaksin melebihi pesanan yang sudah dilakukan.

Sistem pre-order ini, kata Soleh, bisa dilakukan oleh WNI atau WNA dengan mengisi NIK melalui aplikasi. Selanjutnya, masyarakat dapat memilih tempat tanggal, waktu, dan pembayaran. “Vaksin ini sangat terbatas, jadi gak bisa order 100 ribu vaksin tapi gak ada demand yang real. Ini juga untuk hindari penimbunan,” ujar Soleh. “Uji netralisasi virus adalah cara untuk mengidentifikasi antigen atau antibodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *