Link Pendaftaran Vaksinasi Covid

Sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini. Golongan masyarakat lanjut usia dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah menyatakan sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021.

Sebenarnya, dia melanjutkan, kemauan lansia untuk mendapatkan vaksinasi ini sangat besar, namun keterbatasan menghalangi bisa mendapatkannya. Ia menyebutkan, kendala yang dihadapi diantaranya sulit mengakses pendaftaran vaksin yang berbasis sistem teknologi informasi . Program vaksinasi untuk kalangan lanjut usia di Indonesia terbilang lambat. Dari target sasaran 21,6 juta lansia, baru sekitar 1,6 juta lansia yang sudah mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19. Selanjutnya, Siti Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi pada waktunya nanti, Lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal, diharapkan untuk kontrol dulu ke dokternya.

Sesuai permintaan WHO, China akan memberikan 10 juta dosis vaksin COVID-19 untuk penggunaan darurat di negara berkembang, kata Wang Wenbin, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Rabu. Pada hari Rabu, aplikasi Sinovac untuk peluncuran pasar bersyarat dari vaksin COVID-19 yang tidak aktif telah diterima oleh regulator obat China, yang dipandang sebagai langkah maju yang besar dalam membuat vaksin China tersedia untuk penggunaan publik. “Pendekatan mRNA bisa menjadi vaksin terburuk yang direkomendasikan untuk kelompok lansia,” kata Yang. Kemudian, untuk mengatasi kekhawatiran terkait pemberian vaksin, Badan Obat Norwegia mengatakan tidak ada bukti hubungan langsung antara rangkaian kematian baru-baru ini dan vaksinasi. Feng Duojia, presiden Asosiasi Industri Vaksin China, mengatakan kepada Global Times pada hari Kamis bahwa information Fase-III dan persetujuan dari otoritas obat diperlukan untuk orang tua yang akan divaksinasi.

Vaksinasi untuk Lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, di prioritaskan di Jawa – Bali. Beberapa syarat yang harus menjadi perhatian bagi lansia yang akan menjalani vaksinasi. Beberapa kondisi itu adalah orang yang mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga, sering mengalami kelelahan, memiliki paling sedikit lima dari 11 penyakit .

Kata dia, jika terdapat lebih dari tiga di antara lima tanda faktor kesehatan di atas, maka vaksinasi tidak bisa diberikan kepada lansia calon penerima. Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Bachtiar menyebut masing-masing fasilitas kesehatan di Lebak telah memiliki data lansia calon penerima vaksin berdasarkan information hasil koordinasi dengan pos pembinaan terpadu lansia. Capaian itu masih rendah karena target dari pemerintah untuk Sumbar sebanyak 442.333 jiwa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Ary Yuswandi, Senin (29/3/2021).

Vaksin bagi lansia

Dengan begitu, diharapkan kekebalan komunal bisa terwujud sebelum penurunan kekebalan atas virus corona baru ini. Direktur Pusat Kajian Kedokteran Tropis UGM ini menjelaskan, sejauh ini belum pasti berapa lama kekebalan tubuh atas Covid-19 dapat bertahan di orang-orang yang sudah divaksin. Seorang warga lansia mengangkat jempol saat menjalani penyuntikkan vaksin COVID-19. Calon peserta vaksinasi Covid-19 harus membawa fotokopi KTP atau surat domisili di wilayah Ibu Kota.

Sehingga saat ini pengecekan ulang tengah dilakukan oleh pihak Pemprov Jabar. “Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya. Dan itu mestinya dulu-dulu kalau bisa, tapi ya cuman kan bukti ilmiahnya mungkin belum ada ,” kata Windu kepada DW, Selasa (9/2). “Tahapannya lansia yang sudah dihubungi oleh faskes datang ke faskes, kemudian mereka melakukan screening. Walaupun sebetulnya malam kita hubungi juga dilakukan screening singkat untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, sedang ada keluhan atau tidak, sehingga bisa dilanjutkan pada hari ini,” jelas Iqbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *