Mengulas Seputar Pengembangan Vaksin Covid

Sel B memiliki protein permukaan dalam berbagai bentuk, dan beberapa mungkin memiliki bentuk yang tepat untuk menempel pada virus corona. Jenis sel kekebalan lain, yang disebut sel B, juga dapat menghadapi virus korona yang tidak aktif. Senyawa tersebut menonaktifkan virus corona dengan terikat pada gennya. Orang-orang ini masih dapat dilindungi jika mereka tinggal di dan di antara orang lain yang divaksinasi. Ketika banyak orang dalam komunitas yang divaksinasi, patogen sulit beredar karena kebanyakan orang yang ditemuinya kebal. Jadi, semakin banyak orang lain divaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang tidak dapat dilindungi oleh vaksin berisiko bahkan terpapar patogen berbahaya.

Dr. Marselina juga menanggapi isu terkait strategi herd immunity yang selama ini beredar untuk mengatasi COVID-19 ini. Pada paru-paru akan menghasilkan cairan yang sangat banyak, sebagai akibat dari tersebut yang kemudian menghambat sistem pernapasan. Dijelaskan Dr. Marselina, barier merupakan sistem pertahanan pertama yang harus dijaga ketat agar tidak merusak sistem pertahanan selanjutnya dan akhirnya dapat menginfeksi tubuh.

Jika sistem imun bekerja dengan baik maka kita dapat sembuh dari COVID-19 ini,” ungkap dosen lulusan Medizinischen Universitat Zu Lubeck, Jerman itu. Tubuh yang telah disuntikkan vaksin itu kemudian akan membentuk antibodi yang berfungsi sebagai “pasukan” yang melawan virus Covid-19. Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya. Dalam uji coba ini, para peneliti vaksin memprioritaskan rekrutmen para petugas kesehatan karena mereka lebih mungkin terpapar virus tersebut dibandingkan kelompok masyarakat yang lain. Tim Oxford sudah lebih dulu mengembangkan vaksin penyakit Middle East Respiratory Syndrome , tipe lain dari virus corona, dengan menggunakan cara yang sama dan sudah menunjukkan hasil menjanjikan dalam uji klinis. Tubuh yang telah disuntikkan vaksin itum kemudian akan membentuk antibodi yang berfungsi sebagai “pasukan” yang melawan virus Covid-19.

Cara kerja vaksin covid

Jumlahnya pun tak sedikit, yakni 5-10 persen dari three.990 warga yang disuntik vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca. Solopos.com, VIRGINIA — Aksi penembakan terjadi di dekat pantai negara bagian Virginia, Amerika Serikat . Solopos.com, JAKARTA — Wartawan Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, mengalami penganiayaan ketika melakukan liputan yang dilindungi undang-undang, Sabtu (27/3/2021). Dilansir Tempo.co, Minggu (28/three/2021), penganiayaan terhadap wartawan yang sedang melakukan tugas jurnalistik itu dilakukan sejumlah orang di tempat peliputan.

Johnson & Johnson menggunakan rekayasa genetik untuk memodifikasi adenovirus yang tidak berbahaya sehingga menyerupai SARS-CoV-2. Perusahaan Inovio mengembangkan vaksin DNA, sedangkan Moderna membuat vaksin mRNA. Pada virus, karena ia tidak bisa hidup dengan sendirinya, ia memerlukan sel lain untuk mereplikasi. Karena itu, untuk menumbuhkan virus, yang pertama kali dilakukan para peneliti adalah mengidentifikasikan tipe sel yang bisa membuat virus bisa bereplikasi. Lalu, bersama dengan sel inang tersebut, virus akan ditumbuhkan di dalam tabung besar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *