Pecatur Putri Indonesia Sabet Gelar Grandmaster Wanita Di Serbia

Sementara pertandingan antara Dewa Kipas melawan GM Irene sendiri memang berhasil dimenangkan oleh GM Irene dengan skor 3-zero. Dalam pertandingan tersebut, Dewa Kipas beberapa kali berhasil dibuat tidak berkutik dengan langkah-langkah yang diterapkan oleh GM Irene. Pada laga catur persahabatan ini, baik Dewa Kipas maupun Irene bertanding dalam format empat babak.

“Sebelum pandemi yang dilaporkan PB Percasi itu 52 turnamen dalam setahun. Jadi tiap minggu ada satu turnamen. Itu jadi sarana untuk mengasah kemampuan,” ujar Kristianus ketika dihubungi, Senin (22/3). Irene Sukandar memulai dari 1999, baru dapat gelar Woman Grandmaster tahun 2009,” katanya. Menurut Lisa, butuh waktu lama untuk menyandang gelar Grandmaster karena sangat bergantung keseriusan individu memperbanyak jam terbang. Ia mengatakan, SCUA punya banyak bibit pecatur potensial yang bisa menjadi Grandmaster. Seorang pecatur, menurutnya, tak bisa hanya mengandalkan teori dari pelatih untuk bisa jadi pecatur profesional. dan optimisme berbagai pihak untuk terus mendukung para atlet Indonesia.

Sudah enam tahun Irene berlatih dan belajar catur di SCUA Bekasi, milik pengusaha yang juga penggila catur, Ir Eka Putra Wirya. Meski baru enam tahun digembleng di SCUA, ia telah memperlihatkan kemampuannya. Bahkan sulit tertandingi oleh para pecatur perempuan lain di sekolah itu.

Woman Grand Master chess

Yakni, mendatangkan dua pelatih catur dunia yang ditugaskan untuk meningkatkan kualitas pelatih Indonesia. Diakui Utut memang cukup sulit untuk melibatkan Bupati dalam pembinaan olahraga catur. JAKARTA – Keinginan Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto untuk membangun prestasi catur Indonesia seperti China cukup besar. Hanya, saja keinginan tersebut belum bisa terealisasi mengingat belum adanya dukungan pemerintah daerah.

MAJALAH ICT – Jakarta.Indosat menggelar kompetisi catur on-line secara simultan terbesar di Indonesia dan Dunia, bertajuk Indosat Grand Master Chess Match. Seorang pecatur harus lebih banyak berhadapan dengan atlet catur dunia di turnamen internasional untuk menjadi Grandmaster. Kompetisi ini akan tercatat dalam Rekor MURI dan telah didaftarkan untuk dicatat dalam Guiness World Records, sebagai kompetisi catur online terbesar atau dengan peserta terbanyak dalam sejarah.

Indonesia memiliki segudang atlet berprestasi, salah satunya Dewi Ardhiani Putri yang berhasil meraih gelar Woman Grand master dalam pertandingan bidang olahraga catur setelah berhasil mengalahkan Grand Master dari FIDE , Popchev Milko. Grandmaster sendiri merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh organisasi catur internasional, Fédération Internationale des Échecs , yang dapat dicapai oleh seorang pecatur. Selain gelar “Juara Dunia”, Grandmaster adalah gelar tertinggi yang dapat dicapai oleh seorang pemain catur dan merupakan gelar seumur hidup.

Woman International Master atau WIM setara dengan International Master, bedanya gelar resmi yang diberikan oleh FIDE ini dikhususkan untuk pecatur wanita. Namun jumlah WIM tidak banyak, hanya 116 orang saja yang pernah tercatat di daftar FIDE. Grand Master catur Amerika Serikat, Hikaru Nakamura, menilai permainan Dadang Subur alias Dewa Kipas seperti juara dunia saat ini, Magnus Carlsen. Sementara itu, setelah memenangi pertandingan ini dengan skor telak 3-0, Irene Kharisma Sukandar pun berpesan untuk tidak mem-bully Dadang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *