Pesona Irene Sukandar, Ladies Grand Grasp Asal Indonesia

Dijelaskan Rachmat Indrajaya, Indonesia membutuhkan Grand Master muda dan profesional untuk mengukir nama Indonesia di kancah internasional. Sementara itu, Woman International Master diberikan FIDE untuk pecatur wanita. Ada banyak cara untuk mendapat gelar FIDE Master oleh pemain dengan peringkat elo 2100 dan kurang dari 2300, misalnya dengan mencetak setidaknya sixty five persen dalam minimal 9 laga di Olimpiade. FIDE Master atau FM Diperkenalkan pada tahun 1978, FM berada di bawah gelar International Master tetapi di atas Kandidat Master.

Woman Grand Master chess

Meski masih sangat muda gadis mungil asal kota Bandung ini telah berhasil meraih kemenangan dalam kejuaraan internasionalFIDE World Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minks, Belarusia. Pandai dalam mengatur taktik dan strategi yang mendalam dalam permainannya, Samantha mampu menggeser pemain lainya yang bahkan berbeda usia cukup jauh dengannya. Seorang grandmaster catur wanita muda bernama Medina Warda Aulia berhasil mengalahkan salah satu pemain catur terbaik di dunia dalam kompetisi JAPFA GM & WGM International Chess Tournament 2019. Indosat Grand Master Chess Match adalah kompetisi catur online secara simultan yang diselenggarakan Indosat dengan menggunakan aplikasi “Jago Catur” yang tersedia di Google Play Store. Kompetisi ini dilakukan serempak secara online antara 670 pemain catur muda dipertemukan dengan Medina Warda Aulia, seorang WGM termuda dari Indonesia dengan segudang prestasi dunia. Dengan segudang prestasi di berbegai kompetisi catur internasional, ia turut mengharumkan nama Indonesia hingga ke mancanegara.

Kalau saya dengan Pak Dadang, dengan adanya pertandingan seperti ini, kita menjaga persahabatan dan silaturahmi. Ini bukan ajang pembuktian, ini untuk menjaga persahabatan,” sambungnya. CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Nama Woman Grand Master Irene Kharisma Sukandar menjadi viral usai memenangkan duel caturnya melawan Dadang Subur atau Dewa Kipas.

Sering dianggap sebagai olahraga yang membosankan membuat catur tidak banyak diminati. Namun bagi sebagian orang ternyata permainan ini memiliki tantangan dan nilai tersendiri yang mampu menarik perhatian para pemainya, bahkan tidak hanya kaum pria saja yang handal memainkan permainan ini tetapi kaum wanita pun turut serta di dalamnya. sering disebut-sebut juga sebagai permainan orang dewasa, rupanya beberapa wanita Indonesia yang masih terbilang sangat muda ini berhasil membungkam lawannya dengan berbagai prestasi yang diraihnya.

Pada dunia catur, Utut menjadi grand grasp tremendous yang diperhitungkan di dunia. Untuk menyiapkan penerus Utut, Eka dan para pengurus Percasi menyiapkan program “Dream Team”. Sepuluh pecatur muda, termasuk Susanto Megaranto, didik dengan intensif dan diikutkan ke berbagai turnamen internasional. Eka juga mengundang beberapa GM senior untuk menjadi pelatih bagi Utut dengan biaya sendiri. Untuk meningkatkan kualitas permainan dan meroketkan nama Utut, Eka juga mengelar dwitarung internasional, dengan memanggil pecatur-pecatur papan atas dunia ke Indonesia setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *