Protokol Masuk Rumah Setelah Bepergian Saat Pandemi Covid

Ketika work at home, tentu laptop computer atau komputer menjadi alat tempur yang utama. Pastikan selalu laptop computer Anda bersih dari kuman, baterai terisi penuh, dan segala aplikasi di dalamnya dapat berjalan dengan baik supaya tidak memperlambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Idealnya, meeting di kantor sering dilakukan dengan tatap muka di satu ruangan khusus. Akan tetapi, ketika do business from home, mau tak mau karyawan harus mengandalkan teknologi untuk berkomunikasi dengan rekan lainnya. Ketika bekerja di rumah, karyawan bisa menciptakan suasana yang lebih aman, nyaman, dan kondusif.

Bekerja dalam masa Covid

Work from home merupakan sebuah konsep di mana para karyawan di suatu perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Pada dasarnya, bekerja dari rumah memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan jam yang fleksibel dan tidak terlalu terikat dengan aturan 9-6. Sejak ditetapkannya wabah virus corona sebagai pandemi world, Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Ketika bekerja dalam tim, salah satu keuntungan bekerja di kantor adalah kita dapat kapan saja berdiskusi dengan kolega kerja kita. Di zaman serba teknologi, seharusnya jarak bukan menjadi masalah untuk bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah bukan berarti Anda harus melakukan semuanya sendiri.

Indonesia sedang dihadapi dengan tantangan dan ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 yang terus bergejolak. Ragam makanan yang bisa Anda jual pun sangat banyak, mulai dari makanan frozen, kalengan, minuman kesehatan, makanan ringan, dan sebagainya. Untuk pengantaran, Anda masih bisa mengandalkan ojek online atau jasa pengiriman lainnya. Pemerintah sudah mengimbau untuk selalu menggunakan masker di ruang publik. Untuk mengatasi kekurangan masker medis, masyarakat pun dianjurkan untuk menggunakan masker kain. Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Selain itu, pemerintah daerah pun diminta untuk mengupayakan pencegahan, penyebaran, dan penanganan kasus terkait Covid -19 di lingkungan kerja. Awal saya bekerja, semua berjalan sebagaimana mestinya, saya melakukan pekerjaan saya sebagaimana mestinya sesuai ilmu yang saya dapatkan saat kuliah dan pengalaman bekerja di perusahaan sebelumnya. Tak hanya pendapatan yang berkurang, mungkin tak sedikit juga dari Anda yang mengalami PHK akibat pengurangan pegawai pada perusahaan. Selama masa karantina di rumah ini, Anda juga bisa tetap produktif, lho.

Pihak yang paling tidak diperhitungkan sebagai mitra bisa menjadi companion kolaborasi untuk membantu menjawab tantangan di masa depan. Misalnya, perusahaan farmasi raksasa Merck akan membantu Johnson & Johnson memproduksi vaksin sekali pakai untuk mendongkrak pasokan. Ketidakpastian pandemi semakin menegaskan perlunya bisnis untuk bertindak cepat, tidak hanya untuk menyelesaikan masalah yang ada, tapi juga melindungi dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Misalnya, vaksin biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikembangkan, tetapi kesiapan dan respons perusahaan terhadap pendemi telah membantu menciptakan vaksin Covid-19 dalam waktu kurang dari setahun. Sebagai Chief Commercial Officer, Damien Pfirsch memimpin upaya Agoda membangun hubungan strategis dengan pemangku kepentingan di berbagai pasar vertical.

Oleh sebab itu, sebaiknya para karyawan lebih sering melakukan kegiatan yang mengandung humor. Misalnya, membaca cerita lucu, menonton video atau film komedi di waktu istirahat, atau sekedar bercanda dengan rekan kerja. Kemudian, secara otomatis tawa akan muncul dan emosi positif pun dapat dirasakan seiring dengan menurunnya kecemasan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *