Sejarah Catur Hingga Sampai Ke Indonesia Yang Mesti Kamu Ketahui

Grand Master kenamaan Indonesia yang juga Ketua Umum Percasi Utut Adianto dikabarkan terinspirasi oleh duel yang bertajuk “Pertandingan Catur Abad ini” tersebut. Dari platform on-line Chess.com itulah, euforia catur tahun 2021 di Indonesia bermula. Fenomena itu diawali dengan polemik antara Dadang Subur alias “Dewa Kipas” dan pecatur internasional Levy Rozman alias “GothamChess”. Grand Master catur Amerika Serikat, Hikaru Nakamura, menilai permainan Dadang Subur alias Dewa Kipas seperti juara dunia saat ini, Magnus Carlsen. Melalui program “UT Inspiring Youth”, perusahaan penyedia alat berat di pertambangan ini membina dua atlet catur muda, Novendra Priasmoro dan Aditya Bagus Arfan , untuk meraih gelar Grandmaster.

Saat berusia remaja belasan tahun, ia lolos seleksi pembentukan regu catur Indonesia untuk Olimpiade Havana 1966. Pria kelahiran Sukabumi, 14 Oktober 1947 ini menempuh pendidikan catur dan memperoleh semua norma GM di Bulgaria. Lapak di sini bisa warung kopi, klub catur, atau tempat dihelatnya kejuaraan tidak resmi.

Kursus catur dengan guru yang berpengalaman memberikan Anda kesempatan untuk belajar catur dengan pendekatan yang berbeda yang lebih efektif. Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Irene Sukandar mencuri perhatian publik. Ya, Irene Sukandar akan menjalani laga uji coba melawan Dewa Kipas alias Dadang Subur di podcast Deddy Corbuzier pada Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Facebook menampilkan informasi untuk membantu Anda memahami tujuan Halaman dengan lebih baik. Lihat tindakan yang diambil oleh orang yang mengelola dan memposting konten. Bahkan, laga persahabatan itu mendapat sorotan Federasi Catur Internasional .

Apalagi saat dunia masih dilanda pandemi, pertandingan on-line semacam itu menjadi solusi yang jitu. Secara langsung maupun tidak, Dewa Kipas vs Irene bisa menggerakkan industri catur dan ekonomi digital secara bersamaan. Namun untuk catur sebagai cabang olahraga, dampak dari fenomena Dewa Kipas ini tak akan instan. Butuh waktu tahunan untuk bisa menggembleng atlet hingga mendulang prestasi profesional.

Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya. Sebelumnya, Persatuan Catur Seluruh Indonesia membuka pintu bagi Dadang Subur, pemilik akun Dewa Kipas, untuk bergabung dalam organisasi tersebut. Yang pasti, dampak fenomena Dewa Kipas itu terasa ke dunia usaha. Hal itu terpotret oleh Tokopedia, yang juga menjadi sponsor utama perhelatan Dewa Kipas vs Irene. Diakui Irene, hadiah itu setara dengan hadiah medali emas di stage SEA Games.

Kemenangan itu memastikan tambahan ranking eleven poin bagi Novendra untuk memenuhi persyaratan rating GM sebesar 2.500 dan menjadi GM ke-8 Indonesia. “Secara kekuatan sebenarnya kami di bawah ketiga negara tersebut. Strategi penempatan pemain harus disiapkan matang-matang untuk menciptakan kejutan seperti hari ini,” ucapnya.

catur indonesia

Sejak saat itu, Susanto berhasil meraih sejumlah prestasi termasuk menempati peringkat ke-11 Kejuaraan Dunia Junior di Perancis untuk KU 10. Di turnamen tersebut, Susanto berhasil meraih peringkat kedua meski dia harus menghadapi pecatur-pecatur yang lebih dewasa. Dewa Kipas menarik perhatian warganet Indonesia, usai akun tersebut ditutup chess.com. Namun, Eka juga mengaku prihatin dengan polemik di media sosial yang terjadi akibat keputusan penutupan akun Dewa Kipas oleh pengelola chess.com. Mengutip pemberitaan Antara, Grand Master Putri Irene Kharisma Sukandar berharap pertandingan persahabatan dengan pemilik akun Dewa Kipas, Dadang Subur, dapat mengakhiri polemik yang terjadi belakangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *