Strategi Vaksinasi Covid

Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, menyampaikan “Meskipun dalam masa pandemi, peneliti UI turut aktif dalam melakukan riset dan pengembangan produk dari berbagai disiplin ilmu. UI telah melakukan banyak inovasi bagi pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, salah satunya adalah pengembangan vaksin DNA dan mRNA. Webinar ini merupakan kontribusi UI dengan tujuan vaksin ini dapat bermanfaat bagi Indonesia. Saat ini vaksin adalah salah satu harapan terbesar masyarakat Indonesia untuk perbaikan kesehatan dan ekonomi. Menurut Romer, model pertumbuhan Endogenous, salah satu modal terbesar ekonomi adalahhuman capital, danhuman capitalmemiliki fungsi memperbaiki kesehatan. Diharapkan vaksin ini nantinya dapat menjadi daya ungkit untuk meningkatkan ekspektasi masyakarat, daya beli masyarakat, sehingga masyarakat dapat kembali berfungsi dan perekonomian dapat berputar kembali di akhir 2021,” ujarnya.

“Di situasi saat ini kami ingin bekerjasama dengan Kemenkes dan memastikan bahwa usaha di bidang kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan Kerjasama dan kita dapat mengatasi persoalan ini dengan sebaik baiknya,” jelas Haedar. “Terkait pandemi ini Muhammadiyah telah bergerakall outmelalui MCCC, Aisyiyah, dan semua organ Persyarikatan sampai bawah baik dalam gerak keagaamaan maupun kesehatan,” tutur Haedar. Terdapat dua hal yang disebutkan oleh Menkes Gunadi yang dapat dilakukan oleh Muhammadiyah dalam membantu Kemenkes. Pertama, karena Muhammadiyah memiliki tenaga kesehatan yang besar, dan Muhammadiyah turut berperan dalam sektor kesehatan yang cukup dalam dan luas. “Tugas menangani covid ini cukup berat, dan tidak cukup dapat dilakukan secara ekslusif oleh Kemenkes, harus inklusif bekerjasama dengan lembaga dan organisasi lain.

Namun, Wolfgang Preiser, seorang profesor di Universitas Stellenbosch, provinsi Western Cape, Afrika Selatan, menyampaikan kekhawatiran bahwa varian tersebut lebih menular. Ditambahkan Prof. Dr. Henri Subiakto, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika, proses untuk menghasilkan vaksin dan sampai pada penggunaan vaksin membutuhkan proses yang panjang dan perizinan yang berlapis. Artinya, tidak ada vaksin yang dibuat sembarangan dan dapat digunakan tanpa uji klinis dan perizinan resmi dari pemerintah.

Ketiga, seluruh pihak yang terlibat dari tingkat pusat, daerah, sampai desa, agar tetap konsisten dalam penanganan Covid-19. Rinciannya, anggaran pengadaan dan program vaksin covid-19 Rp 58,18 triliun, anggaran testing dan tracing Covid-19 sebesar Rp 9,ninety one triliun, anggaran perawatan Covid-19 dan insentif tenaga kesehatan sebesar Rp sixty one,ninety four triliun. “Total anggaran vaksinasi dan perawatan serta testing tracing Covid-19 tahun 2021 ini Rp130,03 triliun,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (31/three/2021).

Negara lain seperti Jerman misalnya, mempunyai batasan tingkat infeksi COVID-19 yang masih dapat diterima yakni 50 kasus per 100.000 penduduk dalam periode tujuh hari. Ambang batas itu berlaku untuk menentukan langkah-langkah pengendalian pandemi. Bila kasus infeksi sudah melewati batas tersebut, maka Jerman perlu memberlakukan pengetatan aturan pembatasan guna mencegah penyebaran virus corona. Pada 7 Desember 2020 Indonesia menerima 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan Cina. Kemudian pada 31 Desember 2020 Indonesia kembali menerima 1,eight juta dosis vaksin Sinovac.

Pria berusia 26 tahun ini pun mengakui tidak merasakan efek samping dari vaksinasi pertama dan kedua. Vaksinasi yang dilakukan Markas Besar Angkatan Darat ditargetkan dalam satu hari bisa melakukan vaksinasi terhadap 1.049 personil TNI AD. KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua di Mabesad.

Vaksin dapat menangani Covid

“Empat kelompok yang dapat prioritas vaksin, petugas pelayanan publik yang berhadapan langsung dengan masyarakat, kelompok risiko tinggi, contact tracing, dan administrator pelayanan publik,” kata Tri saat dikonfirmasi Republika.co.id. Sedangkan pemerintah Kota Bekasi mengusulkan 20 persen warganya menerima vaksin Covid-19. Jika dihitung, jumlah tersebut mewakili 491.725 warga dari 2,four juta penduduk.

(TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)”Sehingga kita bersama dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19 ini,” tutup Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua Umum Alumni Sekolah Islam Al-Azhar . Project Integration Manager R&D PT Bio Farma Neni Nurainy menilai pentingnya kehadiran vaksin guna mengatasi penyebaran Covid-19. Neni menjelaskan, manfaat vaksin dapat mengurangi atau mengontrol mortalitas, morbidititas, hingga komplikasi. “Tentunya pemberian vaksin akan dilakukan bertahap, dimulai pada awal tahun 2021 dengan mempertimbangkan kajian epidemi,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *