Ternyata Cara Berdoa Orang Shaleh Berbeda

Kita sering mendengar pepatah, harta tidak dibawa mati dan biar miskin asal masuk surga. Tapi, saya mendapat sudut pandang lain dari seorang ustaz di kajian Islam yang saya ikuti. Gaji penyiar, bayaran syuting, fee MC, dan honor menulis merupakan rezeki yang saya dapatkan. Saya kumpulkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sebagian ditabung untuk anak-anak saya, sebagian lagi dipakai untuk modal usaha dan sedikit investasi. Sebagai seniman yang bisa saya lakukan ialah menjual kemampuan saya. Bersyukur saya tidak punya akses ke anggaran atau primary proyek yang butuh uang pelicin, jadi insya Allah rezeki yang saya dapatkan halal.

Semua orang pasti mau kan dapat untung doble dunia akhirat. Ghibthah terhadap dua orang yang dijelaskan dalam hadits di atas merupakan sikap yang baik. Seperti kita ingin memiliki kendaraan seperti yang dimiliki oleh saudara kita, maka itu diperbolehkan.

Cara agar kaya dunia akhirat

Akan tetapi yang dilarang oleh-Nya adalah persaingan tidak sehat dalam mendapatan kekayaan dunia. Yang dilarang oleh-Nya adalah bersikap sombong dan kufur atas kekayaannya. Tidak salah lagi tangan di atas lebih mulia daripada tangan di bawah. Bercita-cita dan berusaha memperoleh harta secara jujur dan lurus merupakan sebuah kehormatan untuk diberikan kepada orang lain yang nanti diterima lagi di akhirat. Tidak ada harta yang hilang karena kelak dikembalikan lagi dalam berbagai bentuk. Demikianlah hadis Nabi Muhammad SAW yang bisa kita jadikan motivasi untuk terus berjuang di tengah kerasnya kehidupan.

Jadi kedua amalan ini memiliki kesamaan dari satu sisi dan memiliki perbedaan dari sisi yang lain. Jika niat seseorang adalah untuk mengharap wajah Allah dan untuk mendapatkan dunia sekaligus, entah niatnya untuk kedua-duanya sama atau mendekati, maka semacam ini akan mengurangi tauhid dan keikhlasannya. Amalannya dinilai memiliki kekurangan karena keikhlasannya tidak sempurna. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan suatu pemberian padaku.” Umar lantas mengatakan, “Berikan saja pemberian tersebut pada orang yang lebih butuh dariku.

Selain untuk mengusir jin, doa Nabi sulaiman di atas juga dapat digunakan untuk menjinakan binatang. Doa Nabi Sulaiman Untuk Menundukan Hewan dan Mengusir JinSeperti yang terangkum dalam sejarah kehidupannya di Al-Qur’an, Nabi Sulaiman semasa hidupnya dibekali dengan mukjizat dapat berbicara dan mengerti bahasa hewan dan jin. Oleh karena itu, di artikel kali ini kami akan membahas doa-doa tersebut untuk dapat Anda hapalkan dan Anda amalkan. Pahamilah bahwa dunia ini tak ubahnya seperti air laut, semakin diminum maka akan semakin bertambah hauslah kita. Semakin kita berhasrat untuk mengejar dunia, maka akan semakin terlena pula kita dibuatnya. Anda harus bekerja keras, tidak mengedepankan gengsi, mengutamakan cinta, dan membantu banyak orang agar segera terbebas dari masalah finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *