Vaksin Adalah Langkah Penting Cegah Penyakit, Ini Cara Kerjanya

Namun, memproduksi vaksin jenis ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai virus tersebut, salah satunya adalah sekuens materi genetik virus. Perusahaan farmasi asal Prancis Sanofi menggunakan metode ini untuk membuat vaksin Covid-19. Virus bisa membuat kita sakit karena begitu masuk ke tubuh kita, mereka bereplikasi dalam jumlah yang besar. Namun, dalam vaksin dengan metode virus yang dilemahkan, ketika dimasukkan ke tubuh kita, karena mereka lemah maka daya replikasi mereka lemah. Melatih tubuh untuk mengenali, melawan, mengingat virus atau bakteri yang masuk ke tubuh.

Berdasarkan New York Times (thirteen/1/2021) Sinovac menggunakan metode inactivated untuk mematikan virus Covid-19. Perusahaan biofarmasi dari China, Sinopharm mengembangkan vaksin Covid-19 dari virus yang tidak aktif yang disebut dengan BBIBP-CorV. Adapun cara membuat virus inaktif biasanya dilakukan dengan melibatkan panas, radiasi atau bahan kimia untuk menghancurkan materi genetik patogen sehingga ia berhenti bereplikasi.

“Prinsipnya selama pandemi ini mau dia sudah divaksin atau belum harus menjaga 5M-nya untuk menghindari potensi paparan,” tandasnya. Vaksin akan membentuk sel memori tentang mekanisme judi online pertahanan yang dijalankan. Bila ingin tahu lebih jauh seputar vaksin mRNA, Anda bisa chat langsung dengan dokter atau membuat janji konsultasi dengan dokter di aplikasi ALODOKTER.

Cara kerja vaksin covid

Di dalam vaksin terdapat berbagai produk biologi, dan bagian dari virus atau bakteri, maupun virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Nah, produk inilah yang berguna untuk merangsang munculnya antibodi atau kekebalan tubuh. Selain itu, sel B juga memungkinkan sistem antibodi untuk mengingat virus vaksin demi mengantisipasi apabila tubuh terinfeksi virus yang sama dikemudian hari. Sel B, sel kekebalan lainnya juga dapat menghadapi virus corona yang tidak aktif. Sel B memiliki protein permukaan dalam berbagai bentuk, dan beberapa mungkin memiliki bentuk yang tepat untuk menempel pada virus corona seperti kunci yang cocok pada gemboknya. Ketika sel B berhasil mempelajari virus, ia dapat menarik sebagian atau seluruh virus ke dalamnya dan menampilkan fragmen virus corona di permukaannya.

Vaksin ini juga digunakan oleh para peneliti untuk memicu reaksi sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel-sel tumor. Pada jenis vaksin yang menggunakan salah satu bagian virus, harus dipastikan bahwa satu bagian itu bisa memberikan perlindungan dari penyakit yang disebabkan oleh keseluruhan virus tersebut. Kelebihannya, vaksin jenis ini bisa diberikan untuk orang-orang dengan sistem imun yang lemah dan kekebalan yang panjang durasinya sudah terbentuk dengan dua dosis saja. Vaksin bekerja dengan memanfaatkan respons alami tubuh terhadap infeksi patogen, baik bakteri, virus, maupun jamur. Saat patogen menginfeksi tubuh, sistem imunitas tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan patogen. Oleh karena itu, terdapat ribuan jenis antibodi di dalam tubuh yang terbentuk berdasarkan antigen patogen yang menyerang.

Tubuh menyimpan beberapa limfosit-t yang akan bekerja cepat ketika tubuh bertemu kembali dengan virus yang sama. Ketika antigen yang sudah dikenal terdeteksi, limfosit-b akan menghasilkan antibodi untuk menyerang mereka. Ketika menelan, makrofag akan meninggalkan bagian dari kuman yang disebut antigen. Oleh tubuh, antigen akan diindentifikasi sebagai sesuatu yang berbahaya.

Sedangkan, vaksin sendiri merupakan zat aktif pada virus atau bakteri yang dapat menimbulkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau penyakit tertentu. Kebanyakan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara suntikan, tetapi ada pula yang diberikan melalui mulut , maupun semprotan ke hidung. Selain itu, terdapat pula istilah imunisasi yang berarti reaksi dari tubuh setelah mendapatkan vaksin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *