Vaksinasi Covid

“Nanti kalau datang jumpa nenek dan kakeknya, jangan langsung main peluk aja. Bersihkan diri, karena kalau dari luar kan berinteraksi dengan banyak orang,” kata Marlin. Karena itu Marlin mengimbau semua untuk aktif agar para lansia di Kepri bisa tervaksinasi.

Dalam video tersebut, masyarakat lanjut usia yang hendak divaksin terlihat mengantre hingga di luar area rumah sakit. Hanya penerima vaksin yang diperbolehkan menunggu di space pelaksanaan vaksinasi. Keluarga yang bertugas mendampingi penerima vaksin tidak diperkenankan masuk ke area tempat vaksinasi berlangsung. Warga lansia mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama di SD 05, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (25/2/2021). batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengatakan program vaksinasi untuk lansia menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Kepri. “Untuk peserta yang masuk tahap dua tetapi belum terdaftar, masih bisa melakukan pendaftaran.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia akan selesai selama dua hari. Contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi, seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal, baik organisasi keagamaan atau organisasi kemasyarakatan. Program vaksinasi sendiri bukan segalanya untuk menghentikan pandemi COVID-19, melainkan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan target slot terbaru 2021 penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen.

“Kami melihat keinginan dan semangat mereka dalam menerima vaksin alhamdulillah cukup tinggi. Mudah-mudahan program vaksinasi yang dilaksanakan ini bisa menjadi ikhtiar bersama untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga terhindar dari wabah Covid-19 ini. Oleh karena itu, setelah adanya vaksinasi ini, harapannya aktivitas masyarakat bisa kembali berjalan normal seperti sedia kala,” tandasnya.

Data yang harus dilengkapi diantaranya nomor induk kependudukan , nama, jenis kelamin, memilih fasilitas kesehatan untuk tempat vaksinasi, umur, tanggal lahir, alamat, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. Jika yang bersangkutan petugas pelayan publik atau lansia bisa koordinasi dengan puskesmas / dinas kesehatan wilayah tempat bekerja. “Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin COVID-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu program vaksinasi drive through ini gratis dan tidak dipungut biaya,” lanjut Wiku.

Tetapi kita ikuti standar atau prosedur… yang dilakukan oleh Kemenkes, pihak penyelenggara vaksinasi, kan sudah ada SOP nya. Prof Iris yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia mengaku belum disuntik vaksin karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium menyusul penyakit penyerta yang ia miliki. Engkus menegaskan, information tersebut nantinya akan dijadikan landasan bagi Pemprov Jabar untuk menyalurkan vaksin ke Kabupaten Bogor. Sehingga saat ini pengecekan ulang tengah dilakukan oleh pihak Pemprov Jabar. Ary menambahkan, kabupaten/kota yang terbanyak lansianya yang sudah disuntik yaitu di Padang.

Vaksinasi bagi Lansia

Dalam konteks pandemi COVID-19, ada dua prioritas pertama yang harus divaksinasi menurut Windu. Denmark negara kecil di Eropa dengan populasi 5,eight juta mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita eleven per a hundred warga. Jika dilihat angka mutlaknya relatif kecil, hanya sekitar 600 ribu warga yang mendapat vaksinasi. Amerika Serikat juga ngebut memerangi pandemi Covid-19, setelah terganjal beberapa bulan oleh politik Trump. Artinya hingga saat ini sudah lebih dari seventy six juta dari complete 331 juta populasi AS mendapat minimal satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna. Keputusan BPOM terkait vaksin Sinovac untuk kelompok lanjut usia di atas 60 tahun disambut gembira oleh para tenaga kesehatan aktif dalam kelompok ini.

Mulai pekan kedua Februari 2021, vaksinasi Covid-19 memasuki tahap II untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk 21 jutaan lansia diprioritaskan bagi warga senior ibu kota di 34 provinsi, khususnya di Jawa–Bali. Setelah peserta mengisi data di web site tersebut, seluruh data peserta akan masuk dinas kesehatan provinsi masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *