Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Presiden Jokowi

Written by Downtown on July 23, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Selain itu, produk vaksin juga harus dijamin melalui evaluasi persyaratan mutu dan pemastian pembuatan vaksin sudah sesuai dengan cara pembuatan obat yang benar . Untuk menghadapi pandemi Covid19, WHO dan aliansi vaksin dunia membentuk fasilitas yang disebut COVAX untuk menjawab persoalan di atas. Fasilitas COVAX berfungsi sebagai platform untuk mendukung riset, pengembangan, dan produksi massal kandidat vaksin Covid-19, hingga menegosiasikan harganya. Masyarakat diingatkan jika mendengar berita unfavorable tentang vaksinasi agar tidak terprovokasi, namun cari dulu sumber yang benar dan terpercaya. Jika tidak puas, tanyalah pada tenaga kesehatan, jangan telan mentah-mentah berita yang diterima,” tegasnya mengimbau masyarakat Kutai Barat.

Vaksin dapat menangani Covid

Pada kesempatan sama, Menkes juga mengatakan, semua pandemi international terjadi yang terjadi cara mengatasi sama, yakni mengurangi laju penularan. Khusus untuk pandemi Covid-19, kata Menkes, berdasarkan data statistik di seluruh dunia, tercatat a hundred yang terinfeksi, maka 80% sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Sedangkan 20% masuk rumah sakit dengan rincian 5% masuk ruangan intensive care unit , dan yang fatality fee 2%. Guna mendapatkan tambahan untuk vaksin, Menlu bergerak aktif dalam melakukan kunjungan kerja sama bilateral ke negara sahabat seperti China, Uni Emirat Arab, Swiss serta Inggris. Kerja sama bilateral tersebut dinilai sebagai modal kuat untuk pengadaan dan mencukupi stok vaksin bagi Indonesia.

Oleh karena itu, sudah seyogyanya masyarakat juga meringankan upaya penanganan dengan memberikan dukungan nyata melalui partisipasi aktif di dalam setiap arahan pemerintah dan tetap disiplin menerapkan protokol 3M. Dalam upaya memastikan keamanan dan efektivitas vaksin serta upaya penanganan lain untuk menanggulangi COVID-19, pemerintah telah bekerja dengan sangat keras melalui berbagai upaya. Lebih jauh, sistem distribusi vaksin ke daerah juga menurutnya penting untuk diperhatikan, terutama terkait dengan peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan tata kelola vaksinasi. Presiden menekankan bahwa pertimbangan hasil uji klinis akan menentukan kapan vaksinasi bisa dimulai. Segala prosedur terkait dengan vaksinasi harus dilalui dengan baik dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin.

Sebagai catatan, indikator konsumsi ini penting lantaran berperan besar terhadap pembentukan pertumbuhan ekonomi (produk domestik bruto/PDB). Badan Pusat Statistik mencatat, sepanjang kuartal III/2020, kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap pembentukan PDB mencapai 57 persen. Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), Erick Thohir menjelaskan, pemerintah akan melibatkan swasta guna memperluas cakupan dan mempercepat vaksinasi baik yang free of charge dan mandiri.

Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah divaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Seluruh Pos Pelayanan Vaksinasi harus dilengkapi equipment anafilaksis dan berada di bawah tanggungjawab Puskemas atau rumah sakit . Selanjutnya untuk kelompok sasaran tunda akan di berikan informasi agar datang kembali ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk memperoleh vaksinasi COVID-19. Kita harus menunggu hasil akhir dari uji klinis vaksin fase three yang kini sedang berjalan di berbagai negara, termasuk di Indonesia yang dimulai Agustus lalu.

Selain itu, produsen biasanya menunggu sampai calon vaksin mereka lolos uji klinis dan melewati semua peraturan sebelum meningkatkan fasilitas produksi. Kondisi ini dapat menambah lamanya waktu yang dibutuhkan sebelum vaksin tersedia. Di samping menjaga daya tahan tubuh, Anda perlu tetap menerapkan protokol kesehatan, baik selama menunggu giliran untuk divaksin maupun setelah mendapatkan vaksin. Sebisa mungkin juga hindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak. Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *