Vaksinasi Lansia, Begini Pengaturannya

Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. “Jadi proses pendaftaran ini sasaran vaksinasi bisa dibantu oleh keluarga ataupun RT/RW setempat,” tutur dr. Nadia. Di kedua web site tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia.

Kementerian BUMN menegaskan sentra vaksinasi Covid-19 hasil kolaborasi dengan Kemenkes Pemda DKI, dan Indonesia Healthcare Corporation bukan untuk masyarakat umum. Sebanyak 38 unit armada bus sekolah dikerahkan untuk mempermudah lansia sampai ke tempat vaksinasi. Saat ini Indonesia khususnya DKI Jakarta sedang melakukan percepatan vaksinasi secara nasional yang menyasar kaum lanjut usia . Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia akan selesai selama dua hari. Biasanya, reaksi akan terjadi karena penerima vaksin tidak mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuhnya rentan terhadap komponen vaksin.

Vaksinasi bagi Lansia

Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail. Vaksin hepatitis B pada umumnya sudah diberikan sejak bayi dengan tiga atau empat rangkaian suntikan selama enam bulan. Namun, bila Anda tidak yakin bahwa dirinya sudah mendapatkan vaksin ini atau belum, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan vaksin ini lagi. “Jadi sudah diatur, integrasi datanya Insyaallah semakin hari semakin baik,” ucap Riza. Pemerintah siapkan aturan agar lansia bisa divaksinasi di faskes dekat rumah.

Berdasarkan pengamatan Lokadata.id di lokasi ketika tiba pukul 11.00 siang, proses vaksinasi yang dilaksanakan di halaman depan rumah sakit berjalan tertib. Penerima vaksin menunggu di tempat duduk yang disediakan dan sudah dibuat berjarak satu sama lain. Pasalnya, sampai saat ini pemkot menunggu pengiriman vaksin dari Pemprov Jatim. Pemkot pun bergerak cepat dengan menghentikan sementara imunisasi bagi lansia. “dua per tiganya untuk lansia, sementara sepertiganya untuk ASN yang berkerja di layanan publik,” paparnya. “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” tuturnya.

Menurut dr. Iqbal, vaksin Sinovac belum dapat diberikan pada lansia yang mengalami hipertensi, diabetes, kanker, penyakit kronis, serangan jantung, gagal jantung , nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke ataupun gagal ginjal. Nantinya, pemberian vaksin Sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu yang berbeda antara dosis pertama dan kedua. Dikutip dari Bloomberg, uji klinis vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua di Cina yang melibatkan 400 orang lanjut usia menunjukkan hasil yang baik dari peningkatan jumlah antibodi. Berangkat dari temuan tersebut, pemerintah Indonesia telah menyetujui pemberian vaksin Sinovac untuk lansia.

“Vaksinasi COVID-19 bagi lansia ini diperuntukkan bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas,” ujarnya, Selasa (23/2). Karena kemungkinan untuk terpapar virus akan tetap ada, namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil. Begitu urusan administrasi dan pengecekan kesehatan beres, mereka langsung divaksinasi. “Cepat. Hanya beberapa detik. Tidak sakit,” kata Ibu tadi menirukan ayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *