Vaksinasi Lansia, Begini Pengaturannya

Pada pelaksanaannya, vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Pemerintah juga memastikan bahwa tenaga kesehatan dan vaksinator yang terlibat dalam vaksinasi telah terlatih dan berkompeten. Untuk mengantisipasi terjadinya KIPI, di setiap pos pelayanan vaksinasi telah menetapkan contact person yang bisa dihubungi jika ada keluhan dari penerima vaksinasi. Pelaporan dilakukan dari fasyankes ke Puskesmas, lalu dari Puskesmas maupun RS akan melaporkan ke Dinkes Kab/Kota. Sejak Rabu 17 Februari, pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia.

“Pada saatnya semua akan divaksin. Namun karena saat ini vaksinnya masih terbatas, maka perlu pengaturan dengan memberlakukan skala prioritas sesuai ketentuan dari pemerintah pusat,” ucapnya. Sebab pemenuhan kebutuhan akan vaksin bisa terus diperbarui dan dimintakan kekurangannya ke pemerintah pusat. “dua per tiganya untuk lansia, sementara sepertiganya untuk ASN yang berkerja di layanan publik,” paparnya. “Mengingat mobilitas lansia sangat terbatas, karenanya bersama dengan pemerintah desa dan puskesmas, pendataan dilakukan. Masyarakat lansia yang menjadi sasaran tidak perlu mendaftar sendiri,” ungkapnya, Jumat (5/three/2021).

Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait vaksin COVID-19 untuk lansia, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi ALODOKTER. Jika PRAGMATIC SLOT telah mendapatkan vaksin, lansia harus menunggu 30 menit di dalam mobil untuk observasi. Sebelum vaksin, lansia akan menjalani pemeriksaan skrining sesuai protokol Kemenkes guna memastikan kelayakan untuk mendapatkan vaksin Sinovac.

Kesiapsiagaan petugas kesehatan di lapangan juga merupakan hal yang sangat penting. Orang lanjut usia alias lansia juga butuh vaksinasi untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya. Nadia berharap peserta bersabar menanti informasi yang akan diberikan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota juga melalui puskesmas/RS setempat untuk pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi bagi Lansia

Penyuntikan vaksin Covid-19 untuk goal warga kelompok lansia yang telah dimulai Dinkes DKI Jakarta itu selanjutnya akan dilakukan di ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Namun, dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali mengingat lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat. Kemenkes memastikan vaksinasi Covid-19 kini sudah memasuki tahap II dengan goal kelompok lansia berumur 60 tahun ke atas dan pekerja publik. “Kami di NU sudah mengadakan survei dengan LSI di 2017, ada sekitar 9 jutaan anggota NU yang lansia.

Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada 0 dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin . Meskipun durasi pemberian zero dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan regimen yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian zero dan 14 hari. Sebagian penderita herpes mengalami gejala yang disebut neuralgia pasca-herpes . Kondisi ini ditandai dengan nyeri parah yang berlangsung lama meskipun lesi sudah sembuh. Penyakit influenza itu sendiri berbeda dengan flu yang dikenal pada umumnya.

96% dari seluruh populasi yang jumlahnya eight,6 juta orang minimal sudah mendapat dosis pertama vaksin (posisi 08/03/21). Sukses negara Yahudi itu untuk mengerem pandemi Covid-19 mendapat acungan jempol. Capaian itu masih rendah karena target dari pemerintah untuk Sumbar sebanyak 442.333 jiwa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Ary Yuswandi, Senin (29/3/2021). Kata dia, jika terdapat lebih dari tiga di antara lima tanda faktor kesehatan di atas, maka vaksinasi tidak bisa diberikan kepada lansia calon penerima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *