Vaksinasi Untuk Lansia Sudah Siap, Dipastikan Aman, Jadi Tak Perlu Khawatir

Selanjutnya, lansia yang sudah terdaftar bisa datang ke lokasi vaksinasi yang sudah ditentukan, dan sesuai jadwal yang sudah dikirimkan. Lansia yang berumur 60 tahun atau usia di atasnya dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan. “Jika memang kelompok lansia ini dirasa perlu untuk segera mendapatkan vaksinasi, nanti akan coba kami atur dari ketersediaan vaksinnya,” katanya. “Kita bikin sentra-sentra vaksinasi dan mendorong kerjasama – kerjasama dengan institusi yang bisa akses ke Lansia seperti organisasi masyarakat keagamaan,” tuturnya.

Meski begitu, bertambahnya lansia dalam program vaksinasi awal tidak akan menambah total target vaksinasi sebesar 181,5 juta orang. Target vaksinasi 181,5 juta orang telah menghitung complete penduduk berusia di atas 18 tahun. Vaksinasi untuk lansia tidak akan tertutup untuk menggunakan vaksin Sinovac saja.

“Peserta harus menggunakan masker saat menunggu hingga proses vaksinasi selesai dilakukan. Kami juga memastikan bahwa tidak akan ada kerumunan dan memastikan vaksinator sudah mendapatkan pelatihan,” kata Nadia. Mari kita daftarkan Keluarga yang berusia 60 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Apabila lansia berdomisili di wilayah Palmerah, Jakarta Barat, misalnya, maka mereka bisa meng-klik tautan dki.kemkes.go.id. Link tersebut akan mengarahkan pengguna ke Google Form untuk mengirimkan data diri lengkap ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Adapun untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, pertama melalui web site , di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran.

Sasaran bisa menunggu di dalam mobil maupun di tenda yang telah disediakan. Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas. Atas kejadian itu, Alin mengaku bahwa, Kemenkes RI sedang melakukan penelusuran informasi tidak benar tersebut. “Tidak betul informasi tersebut. Saya sudah bertanya ke Direktur Jenderal dan Direktur Kementerian Kesehatan . Bahwa pesan WhatsApp tersebut bukan dari Kemenkes,” kata Alin yang dikonfirmasi, Senin (1/3). Vaksin Nusantara masih dalam tahap evaluasi yang dilakukan oleh tim Direktur Registrasi BPOM. Belajar dari India, Indonesia kini menerapkan lockdown skala mikro yang disebut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro.

“Sekaligus diperiksa kondisi kesehatannya untuk memastikan agar yang bersangkutan siap diberikan vaksin. Dengan pola ini, masyarakat lansia tidak perlu mendatangi fasyankes , cukup menunggu didatangi petugas,” katanya. Dokter yang juga menjabat Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Klaten ini mengatakan bukan hanya pendataan, pelayanan vaksinasinya pun akan dilakukan secara jemput bola. Ia menjelaskan petugas puskesmas akan mendatangi lansia yang sudah terdata untuk memberikan vaksin. Rosye menyebutkan, bagi lansia di Kota Bandung dapat mendaftarkan diri melalui link Bandung.kemkes.go.id.

Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara on-line sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19. BANDUNG, iNews.id – Jika Anda lansia atau memiliki keluarga lansia yang belum terdaftar pada program vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Budi menjelaskan, alur vaksinasi dimulai dengan pendaftaran calon peserta lewat tautan tersebut. Saat peserta datang ke fasyankes yang ditunjuk sesuai SMS yang diterimanya, knowledge judi online diri peserta akan diverifikasi oleh petugas. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk menjalani pemeriksaan singkat kesehatan.

Contact individual tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan sekitar 70 persen dari proporsi vaksin. Jakarta – Orang lanjut usia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Diperingatkan kemudian bagi petugas publik yang sudah divaksinasi, tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, untuk melindungi diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar. Vaksin Covid-19 untuk lansia ini dimulai di Jakata dan ibu kota provinsi seluruh Indonesia.

Vaksinasi bagi Lansia

Selanjutnya dinas kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia dan petugas pelayanan publik sudah masuk tahap 2. Vaksinasi lansia dimulai di ibu kota provinsi dengan prioritas di Jawa Bali. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia dan petugas pelayanan publik sudah masuk tahap 2.

Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama, yakni Sinovac dengan dosis 0,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. Lansia termasuk kelompok usia yang rentan terkena Covid-19 bergejala berat dan meninggal dunia akibat penyakit yang sudah menjadi pandemi sejak setahun terakhir itu. “Persyaratan vaksinasi COVID-19 pada Lansia ya pada umumnya Warga Sragen usia 60 tahun keatas, mendaftar melalui dinkes.sragenkab.go.id nanti harus hadir sesuai jadwal pelaksanaan,” terangnya. “Kalau hari ini ada 141 lansia yang disuntik vaksin. Sebelumnya Tiga hari lalu pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Hargiyanto. Bupati menambahkan jika 12.000 dosis vaksin tahap kedua yang datang Rabu (3/3/2021) itu sekaligus untuk menyisir yang masih tersisa seperti, nakes dengan komorbid, periode kedua ASN, TNI, POLRI yang belum terpenuhi. Manfaat vaksinasi ini juga untuk menurunkan angka kematian akibat COVID19,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *