Sukses Kuliah Sambil Kerja

Written by Downtown on July 5, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Bisa kongkow-kongkow juga jika tidak ada kesibukan dan pekerjaan. Dengan kata lain, networking kamu di tempat kuliah dan kerja akan dapat membawa hal-hal yang positif dan banyak teman dimana-mana. Kamu juga bisa mengatur jadwal dengan fleksibel antara tugas kuliah dengan pekerjaan.

Di satu sisi smartphone memudahkan kita untuk melakukan banyak pekerjaan. Namun, di sisi lain smartphone juga memberikan distraksi yang menyebabkan seseorang susah untuk konsentrasi. Sebenarnya ada cara yang efektif untuk menghadapi hal ini lho, yaitu dengan menghasilkan uang sendiri. Mumpung masih berstatus sebagai seorang mahasiswa, kamu masih punya banyak waktu yang bisa kamu tukarkan dengan uang. Apalagi buat anak kost atau perantauan, jatah uang yang dikirimkan orang tua terpotong untuk bayar kost, kebutuhan sehari-hari, atau bahkan untuk bayar uang semester.

Di atas segalanya, kunci sukses jika pengin kerja sambil kuliah adalah manajemen diri yang baik. So, mulailah berlatih memfokuskan diri ke dalam kegiatan yang sedang dilakukan. Misalnya, saat lagi kerja, jangan biarkan konsentrasi kita terusik oleh tugas kuliah yang harus dikumpulkan hari itu.

Sejatinya, kamu yang kuliah di jurusan apa saja bisa kuliah sambil kerja—baik di bidang yang sejalan ataupun tidak. Tapi, akan lebih memudahkan kamu jika sedari awal kamu sudah memilih program studi kuliah yang memiliki kurikulum yang mendukung kegiatanmu yang lain. Nah, kelas karyawan menjadi salah satu program pilihan terbaik untuk kamu yang ingin kuliah, tapi nggak ingin mengorbankan jam aktif kamu di hari kerja alias fleksibel.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Sejauh yang pernah admin rasakan, bangun lebih pagi akan membuat 1 hari kita terasa lebih panjang. Jika bangun siang kita beraktivitas dimulai dari jam 08.00, tapi kalau bangun pagi kita memulainya ya lebih pagi bisa jam 05.00. Begitu juga dengan kita, ketika kita diajak untuk bersenang-senang yang tidak berfaedah kita harus bisa untuk menolaknya. Memanajemen waktu sama saja mengalokasikan waktu kedalam aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Kita tidak bisa mengatur waktu hanya dalam pikiran tanpa dicatat, pastinya akan lupa.

Kalau kamu ada kegiatan di kampus, enggak ada salahnya untuk komunikasikan dengan rekan di tempat magangmu, karena dari hal tersebut mereka akan mengerti. tugas yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu, agar enggak ada yang terlupakan dan memudahkan pola bekerja yang lebih terstruktur. Alhasil kamu jadi lupa dengan tugas lainnya yang belum selesai dan konsentrasimu jadi terpecah. Jika kamu memutuskan melamar di sebuah perusahaan atau tempat usaha sebagai pekerja paruh waktu, meski sambilan, pastikan surat lamaran yang kamu ajukan tak asal-asalan.

Sebagian dari kita mungkin melihat hal itu sebagai hal yang sulit. Pasalnya sudah bukan rahasia lagi kalau pengacara lebih banyak menghabiskan waktunya untuk pekerjaan. Untuk menentukan skala prioritas, coba belajar untuk fokus pada pekerjaan yang paling mendesak dan paling penting. Biasakan untuk meninjau kembali listing yang sudah kamu buat dan mempertimbangkan ulang mana saja pekerjaan yang paling mendesak di antara pekerjaan mendesak lainnya. Dengan menyelesaikan hal yang paling benar-benar harus diselesaikan terlebih dahulu, pekerjaan mendesak lainnya akan lebih ringan untuk diselesaikan.

Anda perlu pandai-pandai membagi waktu Anda, untuk kuliah, magang dan waktu pribadi . Batasi diri dari menambah peran, bila perlu kurangi peran dan lihatlah berapa waktu untuk diri sendiri. Jadi, jika kamu sedang kerja part time, usahakan untuk mengurangi kegiatan lain yang akan turut menganggu waktumu untuk belajar. Berbeda dari bekerja full time, dengan bekerja part time atau paruh waktu sebenarnya kamu bisa lebih fleksibel untuk mengatur waktu. Karena, waktu kerja part time tidak sebanyak waktu kerja full time yang harus bekerja 9 jam per hari setiap Senin sampai Jumat. Belajar juga dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *